Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Statistik Mahasiswa STMIK Asia dalam Penerapan Strategi Problem Based Learning

Authors

  • Puji Subekti Teknik Informatika-STMIK Asia Malang
  • Lukman Hakim STMIK ASIA Malang
  • Azwar Riza Habibi STMIK ASIA Malang

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1032

Keywords:

Faktor, Minat Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Peneltian ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian eksperimental dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar statistik mahasiswa di STMIK Asia. Dalam penelitian ini terdapat tujuh variabel bebas yang dianalisis dengan metode stepwise. Sehingga diperoleh tiga variabel bebas yang berpengaruh secara simultan diantaranya jenis kelamin, rata-rata pendapatan orang tua dan jumlah saudara, dengan model persamaan regresi berganda sebagai berikut Y= -1,260 +0,425X7 +0,511X2 + 0,417X5. Strategi yang dapat diambil dalam penerapan problem based learning adalah dengan memilih mahasiswa dalam setiap kelompok. Dengan aturan terdapat minimal satu mahasiswa laki-laki yang menjadi ketua kelompok, terdapat minimal satu mahasiswa dengan latar belakang pendapatan orang tua di atas rata-rata dan minimal satu mahasiswa yang bukan merupakan anak tunggal atau mempunyai saudara lebih dari satu.

Author Biography

Puji Subekti, Teknik Informatika-STMIK Asia Malang

Sekretaris Lembaga Pengembangan Karir Dosen STMIK Asia Malang

References

Arends, R. I. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta. Bloom, B. S. (1996). Taxonomy of Education Objectives. New York. Manuruang. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa MTS Negeri Rantau Prapat Pelajaran. EduTech. Nugroho, A., Y. (2011). Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta. Savery, J. R. (2006). Overview of Problem Based Learning : Definitions and Distinction. Springer. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2018-12-23