Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Statistik Mahasiswa STMIK Asia dalam Penerapan Strategi Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1032Keywords:
Faktor, Minat Belajar, Problem Based LearningAbstract
Peneltian ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian eksperimental dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar statistik mahasiswa di STMIK Asia. Dalam penelitian ini terdapat tujuh variabel bebas yang dianalisis dengan metode stepwise. Sehingga diperoleh tiga variabel bebas yang berpengaruh secara simultan diantaranya jenis kelamin, rata-rata pendapatan orang tua dan jumlah saudara, dengan model persamaan regresi berganda sebagai berikut Y= -1,260 +0,425X7 +0,511X2 + 0,417X5. Strategi yang dapat diambil dalam penerapan problem based learning adalah dengan memilih mahasiswa dalam setiap kelompok. Dengan aturan terdapat minimal satu mahasiswa laki-laki yang menjadi ketua kelompok, terdapat minimal satu mahasiswa dengan latar belakang pendapatan orang tua di atas rata-rata dan minimal satu mahasiswa yang bukan merupakan anak tunggal atau mempunyai saudara lebih dari satu.References
Arends, R. I. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta. Bloom, B. S. (1996). Taxonomy of Education Objectives. New York. Manuruang. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa MTS Negeri Rantau Prapat Pelajaran. EduTech. Nugroho, A., Y. (2011). Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta. Savery, J. R. (2006). Overview of Problem Based Learning : Definitions and Distinction. Springer. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.