Pemetaan Pembangunan Sekolah di Kapuas Hulu Menggunakan Metode Multidimensional Scaling
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i2.1065Keywords:
pengelompokan, jarak Euclid, StressAbstract
Pemetaan pembangunan sekolah diperlukan untuk melihat ketersediaan sarana pendidikan di suatu daerah. Di daerah perbatasan biasanya terjadi ketimpangan antara jumlah sarana pendidikan yang ada. Kapuas Hulu adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara Sarawak Malaysia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap pembangunan sekolah antar kecamatan di kabupaten Kapuas Hulu menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS). Berdasarkan hasil pemetaan, diperoleh empat kelompok daerah yang memiliki pola kedekatan yang sama antar kecamatan dengan nilai Stress sebesar 0.05821 dan R2 0.98917.
References
Hair, J. F. J. (1995). Multivariate Data Analysis with Readings (4th edition). Madison: Pearson Prentice-Hall.
Herman, R. (2010). Penerapan Model Multidimensional Scaling Dalam Pemetaan Brand Positioning Internet Service Provider. Journal The Winners, 11(1), 81–93. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/27047-ID-penerapan-model-multidimensional-scaling-dalam-pemetaan-brand-positioning-intern.pdf
Moeliono, R. &. (2015). Analisis Perceptual Mapping Minimarket Menurut Persepi Konsumen Menggunakan MDS: Studi Pada Konsumen Minimarket Kecamatan Buah Batu Kota Bandung. E-Proceding of Management 2(3); 3-8. Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2095
Nahar, J. (2016). Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Pemetaan Sarana Kesehatan di Jawa Barat. Jurnal Matematika Integratif, 12(1), 43–49. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=477214&val=7609&title=Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Pemetaan Sarana Kesehatan di Jawa Barat
Santoso, S. (2014). Statistik Multivariat (edisi revisi). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.