Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1067Keywords:
student team achievment division (stad), komik, efektivitasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kecenderungan pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan siswa kurang aktif. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan STAD berbantuan komik pada materi bangun ruang kubus di kelas V MI Muhammadiyah 02 Laren Lamongan ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar siswa, tingkat aktivitas siswa, tingkat aktivitas, dan tingkat respon siswa. Subyek penelitian ini melibatkan 17 siswa. Diperoleh hasil bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas sebesar 94,1%, persentase aktivitas aktif siswa sebesar 88,25% dengan kategori aktif, persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 89,15% dengan kategori baik, dan persentase respon positif siswa sebesar 96,47% dengan kategori baik.References
Akin, S., Yildirim, A., & Goodwin, A. L. (2016). Classroom Management through the Eyes of Elementary Teachers in Turkey: A Phenomenological Study. Educational Sciences: Theory and Practice, 16(3), 771–797.
Arends. (2010). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar (Edisi Tujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Z. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori & Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia.
Ermistri, A. I. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(6), 1–9.
Fitriani, H. (2014). Pengembangan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Menggunakan Animasi Komik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 33–43. https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1865.33-43.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Ismono, & Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Jumarniati, J. (2016). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN di Kecamatan Biringkanaya. Prosiding, 2(1). Retrieved from https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/429
Lasmawan, I. W., & Sutama, I. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Kelas VIII Mts Nw Gereneng Kecamatan Sakra Timur NTB Tahun Pelajaran 2011/2012. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).
Marhaeni, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar IPA. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).
Negara, H. S. (2015). Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Terampil, 3(3), 66–76.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edumatika, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1-16
Rahayu, T. R., Huda, M., & Shodikin, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Alat Peraga Rubbik terhadap Self Efficacy Siswa pada Materi Kubus dan Balok. Inspiramatika, 3(2), 117–123.
Rahmawati, R. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD Neg. Katangka 1 Makassar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Media Pembelajaran Komik Pendidikan Sains. JPF : Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 109–126.
Shodikin, A. (2014). Strategi Abduktif Deduktif Pada Pembelajaran Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa SMA. Edusentris, 1(2), 103–116.
Shodikin, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 101–110. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.3713
Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.887
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sumarno, W. K., Tatik, T., & Shodikin, A. (2017). Developing Constructivist-Webquests Online Materials for TEFL Course. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 1(2), 123–135.
Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(4), A02.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Vani, S. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Ekonomica: Research of Economic And Economic Education, 4(2), 308–314. https://doi.org/10.22202/economica.2016.v4.i2.669
Wahyuni, R. (2016). Pembelajaran Kooperatif Bukan Pembelajaran Kelompok Konvensional. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 3(1), 37–43.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.