Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Aplikasi Symbolab dengan Metode Konvensional pada Mahasiswa Teknik Elektro

Authors

  • Yussi Anggraini universitas pgri madiun
  • Ina Sunaryantiningsih Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1252

Keywords:

Hasil Belajar, Symbolab Math Solver, Media Belajar

Abstract

Sebuah proses pembelajaran yang baik yaitu yang bermanfaat untuk peserta didik. Penggunaan aplikasi pembelajaran sangatlah diperlukan untuk menunjang proses belajar itu menjadi interkatif. Tujuan penelitian ini yaitu membandingkan hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional dan aplikasi symbolab math solver pada mahasiswa teknik elektro universitas pgri madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif (quasi eksperimen). Pengambilan data menggunakan data observasi, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa teknik elektro angkatan 2017/2018. Uji-T digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran symbolab dan tanpa menggunakan symbolab/ konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kalkulus dengan menggunakan aplikasi SMS lebih efektif dibanding dengan menggunakan metode konvensional dilihat dari peningkatan hasil belajar.

References

Afrizal, A. . (2015). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar Kelas I (Satu). Jurnal Teknik Informatika PoliteknikSekayu (TIPS), 3(2), 12.

Andaritidya, A. (2014). Efektivitas pembelajaran kooperatif stad dalam meningkatkan perilaku keterkaitan siswa SD dalam pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi, 2(7), 33–47.

Arsyad, & Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Aryani, Y. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas 8 SMPN 13 Semarang.

David, A. (2015). A Synthesis of Research on Teacher Education, Mathematics, and Students with Learning Disabilities. A Contemporary Journal, 13(2), 117–206.

Gultom. (2013). Implementasi Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Herawati, O., & Dkk. (2010). No TitlePengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. UNSRI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80.

Inung Diah, K., & Sekreningsih, N. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 157–164.

Jupri, A. (2017). Pendidikan matematika realistik: Sejarah, teori, dan implementasinya. In Bunga rampai kajian pendidikan dasar: Umum, matematika, bahasa, sosial, dan sains (pp. 85–95). UPI Press Bandung.

Khalid, A., & Azzem, M. (2012). Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach In Teacher Education. Journal of Computer Adn Information Technology, 2(5), 170–177.

Latief, Rohmad, & Ningrum. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Gea, 2(14).

Linda, M. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Dan Menggunakan Metode Ceramah.

Omatseye, B. O. J. (2007). The Discussion Teaching Method; an Interactive Strategy in Tertiary. Education. In ProQuest Research Library (p. 3).

Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. Journal of Effective Teaching, 15(1), 20–33.

Pitadjeng. (2006). Pemebelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Ruhland, S. K., & Brewer. (2001). Implementing an Assessment Plan to Document Student Learning in a Two-Year Technical College. Journal of Vocational Education, 26, 141–171.

Siregar, S. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Subarinah, & Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2001). Statistika untuk Penelitain. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Weltman, D., & Whiteside, M. (2010). Comparing the Effectiveness of Traditional and Active Learning Methods in Business Statistics: Convergence to the Mean. Journal of Statistics Education, 1(18), 1–13.

Wibawa, B., & Mukti, F. (2001). Media Pembelajaran. Bandung: CV Maulana.

Yap, W.-L., Neo, N., & Neo, T.-K. (2016). Transforming From Conventional Teaching Environment to Learner- Centred Teaching Environment With the use of Interactive Multimedia Module in Tertiary Education. In International Conference on E-Learning (pp. 147–156).

Published

2019-03-12