Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Komik pada Pembelajaran Garis dan Sudut di SMP Negeri 7 Surabaya

Authors

  • Ma'rifatul Ula Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Febriana Kristanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Himmatul Mursyidah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292

Keywords:

discovery learning, efektivitas, media komik, garis dan sudut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media komik pada peserta didik kelas VII-B di SMP Negeri 7 Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 7 Surabaya dengan jumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan peserta didik tercapai karena tujuh dari delapan aktivitas peserta didik dalam rentang waktu ideal; (2) Keberhasilan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tercapai dengan baik; (3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik menunjukkan 80% dari seluruh peserta didik telah mencapai KKM (ketuntasan secara individu); dan (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Jadi, pembelajaran discovery learning dengan media komik efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII-B di SMP Negeri 7 Surabaya.

References

Ardiansyah, M. D. (2008). Hubungan Minat Membaca Komik dengan Penyesuaian Diri pada Siswa SMA. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ariani, W., Ainy, C., & Suryaningtyas, W. (2015). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Arulan, D.B. (2013). Media Komik Matematika dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Perkalian pada Siswa Kelas 3 MI Nurul Huda Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Azizah, Z. (2017). Efektivitas Math Thinkers pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri Bangun Datar Segiempat dan Segitiga. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Ba’ru, Y. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kota Rantepao. Daya Matematis : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 83-89.

Kowiyah. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1 (2), 67-74.

Kurniati, I. W., Pujiastuti, E., & Kurniasih, A. W. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuas Berpikir Kritis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 109-118.

Mulyardi. (2003). Startegi Belajar Mengajar Matematika. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rivai, M. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rohim, A., & Asmana, A. T. (2018). Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) dengan Pendekatan PMRI pada Materi SPLDV. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 217-229.

Rudini. (2017). Peranan Statistika dalam Penelitian Sosial Kuantitatif. Jurnal Saintekom (Sain, Teknologi, Komputer dan Manajemen), 6(2), 53-66.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267-275.

Yunica, Y. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Sarana Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran (Studi Penggunaan Sarana Media Pembelajaran Berbasis Komputer di SMP Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Bandung: Universitas Pasundan.

Published

2019-03-07