Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Bab Tree dan Spanning Tree Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i1.1675Keywords:
Matematika Diskrit, Analisis Kesalahan, Prosedur NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita pada bab tree dan spanning tree berdasarkan Prosedur Newman dalam mata kuliah Matematika Diskrit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa sehingga dapat dilakukan tindakan yang tepat untuk mencegah kesalahan yang sama terjadi kembali. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dan lembar pedoman wawancara. Hasil tes dianalisis menggunakan prosedur Newman dan wawancara dilakukan terhadap beberapa mahasiswa berdasarkan hasil tes. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa melakukan kesalahan pada tahap encoding sebagai hasil kesalahan pada proses transformasi dan keterampilan proses. Mahasiswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita karena terlalu tergesa-gesa, kurang memahami permasalahan yang mengakibatkan kesalahan dalam memodelkan, serta tidak menyimpulkan jawaban.References
Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. AKSIOMA, 8(1), 17–30.
Aminah, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika Diskrit dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar. MUST, 3(1), 22–32.
Asriningsih, T. M., Rahmawati, A., & Lailah, D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Kecerdasan Logis Matematis Sedang dalam Pemecahan Masalah Geometri. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2), 79–90. https://doi.org/10.25139/smj.v6i2.985
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). bAnalisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi datar. Juring, 1(1), 71–78.
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII Dalam Meyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. UJME, 5(1), 8–15.
Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam ( India ): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, II(I), 17–21.
Kania, N. (2019). Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. SJME, 3(1), 57–66.
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. PARADIKMA, 8(April), 37–51.
Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edusains, 5(2), 22–32.
Purba, M., & Tarigan, L. L. (2013). Peningkatan Aksesabilitas Mata Kuliah Matematika Diskrit Melalui Pemberdayaan E-Learning. Pelita Informatika Budi Darma, 4(1), 66–70.
Singh, P., Abdul, A., & Sian, T. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks : A Malaysian Perspective The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks : A Malaysian Perspective. International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010) The, 8(December), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengembangan Modul Matemamatika Diskrit Berbentuk Digital dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Open Source. JANAPATI, 7(1), 58–72.Downloads
Published
Issue
Section
License
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.