Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Video Berbasis Pen-Tablet dalam Pembelajaran Kalkulus Integral

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1682

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Bahan Ajar, Video Ajar, Kalkulus, Integral

Abstract

Pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan. Hal ini mengharuskan tenaga pendidik untuk kreatif dalam membuat bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kebutuhan bahan ajar video oleh mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 17 mahasiswa pendidikan matematika FKIP Universitas Pasir Pengaraian yang telah mengambil mata kuliah kalkulus integral. Data di kumpulkan melalui kuisioner dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui persentase jawaban mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar video kalkulus integral berbasis pen tablet.

References

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1), 116-137.

Furchan, A. (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartono, W., & Subali Noto, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333.

Kaput, J. J., & Thompson, P. W. (2006). Technology in Mathematics Education Research: The First 25 Years in the JRME. Journal for Research in Mathematics Education, 25(6), 676. https://doi.org/10.2307/749579

León, A. L. C., López, J. M. C., Muñoz, F. D., & García, E. A. R. (2013). Graphics tablet technology in second year thermal engineering teaching. JOTSE: Journal of technology and science education, 3(3).

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-47.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantuan Video Pembelajaran, 4(1), 67-77.

Rhine, S., Harrington, R., & Olszewski, B. (2015). The role of technology in increasing preservice teachers’ anticipation of students’ thinking in algebra. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 15(2), 85-105.

Saparwadi, & Selong, H. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral melalui Kegiatan Lesson Study di Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 35-48.

Sherman, M. (2014). The Role of Technology in Supporting Students’ Mathematical Thinking: Extending the Metaphors of Amplifier and Reorganizer. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 14(3), 220–246.

Published

2019-03-24