Hubungan Status Akreditasi Sekolah dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Guru dan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i2.1697Keywords:
Status Akreditasi, Berpikir Kritis matematis, Guru, SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan melihat hubungan antara status akreditasi dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru matematika dan juga siswa. Pemilihan sekolah dilakukan secara acak berdasarkan data BAN SM untuk SMP di wilayah Sidoarjo. Sekolah dipilih untuk mewakili sekolah terakreditasi A, B, dan C. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis yang meliputi aspek menginterpretasi, aspek menghubungkan, aspek menganalisis, aspek mengevaluasi, dan aspek memecahkan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi Gamma dan diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru, sehingga dalam kasus ini kemampuan berpikir kritis tidak ada kaitannya dengan status akreditasi. Begitu juga analisis dari data kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Status akreditasi sekolah bukan tolak ukur utama kualitas berpikir kritis siswa
References
Aktaş, G. S., & Ünlü, M. (2013). Critical Thinking Skills of Teacher Candidates of Elementary Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 831–835. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.288
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
As'ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our prospective mathematic teachers are not critical thinkers yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145–156. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.3961.145-156
BAN-SM. (2017). PERANGKAT AKREDITASI SMP/MTs. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
Basri, H., Purwanto, As'ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating critical thinking skill of junior high school in solving mathematical problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a
Biber, A. C., Tuna, A., & Incikabi, L. (2013). An investigation of critical thinking dispositions of mathematics teacher candidates. Educational Research, 4(2), 109–117.
Facione, Peter, A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Insight assessment. Millbrae, CA: California Academi Press.
Firdaus, Kailani, I., Bakar, M. N. Bin, & Bakry. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning, 9(3), 226–236.
Kemendikbud. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. Retrieved October 2, 2017, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan
Kemendiknas. (2011). ANALISIS SISTEM AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal.
Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, Susetyo, B., Anjaya, C., Chodidjah, I., … Toharudin, T. (2019). PEDOMAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
Misbahuddin. (2014). Analisis Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurismawati, R., Sanjaya, Y., & Rusyati, L. (2018). The relationship between students critical thinking measured by science virtual test and students logical thinking on eighth grade secondary school. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012071
Serin, O. (2013). The Critical Thinking Skills of Teacher Candidates Turkish Republic of Northern Cyprus Sampling. Eurasian Journal of Educational Research, (53), 231–248. https://doi.org/10.14689/ejer.2013.53.13
Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Students' critical thinking ability: Description based on academic level and gender. Journal of Education and Practice, 7(12), 154–164. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1099476.pdf
Zetriuslita, Z., Wahyudin, W., & Jarnawi, J. (2017). Mathematical Critical Thinking and Curiosity Attitude in Problem Based Learning and Cognitive Conflict Strategy: A Study in Number Theory course. International Education Studies, 10(7), 65. https://doi.org/10.5539/ies.v10n7p65
Downloads
Published
Issue
Section
License
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.