Pengaruh Pembelajaran AIR terhadap Keterampilan Pemecahan Permasalahan Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal

Authors

  • Hayatun Nufus Pendidikan Matematika FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suhandri Suhandri Pendidikan Matematika FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Deby Oktaviani Pendidikan Matematika FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.1742

Keywords:

Auditory Intellectually Repetition (AIR), Pemecahan permasalahan Matematis, Pengetahuan Awal Matematis (PAM)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematis siswa; 2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran AIR dan Pengetahuan Awal Matematis (PAM) terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematika  siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan rancangan posttest-only control design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tes menggunakan instrumen soal tes PAM dan soal postes keterampilan pemecahan permasalahan matematis. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t dan uji Anova dua arah. Hasil penelitian yaitu: 1) adanya pengaruh model pembelajaran AIR terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematis siswa; 2) tidak adanya pengaruh interaksi antara Pengetahuan Awal Matematis (PAM) dan model pembelajaran terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematis siswa.

References

Ainia, Q., Kurniasih, N., & Sapti, M. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kaligesing Tahun 2011/2012. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 709–716. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 11(1), 67–78. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Andriani, A. (2017). Interaksi antara Model Pembelajaran dengan Kemampuan Awal Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika. Prosiding Semnastika Unimed. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika, Medan.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 25–32. https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.188.

Ansari, B. I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.

Astuti, R., Yetri, Y., & Anggraini, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kemagnetan Kelas IX SMP N 1 Penengahan Lampung Selatan. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 97–108. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2765

Burhan, A. V. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 6-11.

Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. JURNAL e-DuMath, 2(2). https://doi.org/10.26638/je.182.2064

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Vol. 265). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Khadijah, S., & Sukmawati, R. A. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Audiotory Intellectually Repetition dalam Pengajaran Matematika di Kelas VII MTs. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68–75.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Linuhung, N. (2015). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat-Oreovocz dalam Peningkatan Literasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematis (PAM) Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.127

Mardina, T. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) pada Materi Operasi Pecahan di Kelas V SD Negeri No. 115479 Aek Tapa Kab. Labuhan Batu Utara TA 2011/2012 (PhD Thesis). UNIMED.

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.32.

Pujiastutik, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13(1), 515–518.

Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Siswanto, R. D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (Air) untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Smk Kelas XI. Journal on Education, 1(1), 66–74.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, II(3).

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-09-11