Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Fungsi

Authors

  • Iis Asriah Nurfalah IKIP Siliwangi
  • Luvy Sylviana Zanthy IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i1.1795

Keywords:

Analisis Kesalahan, Kesalahan Siswa, Materi Fungsi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa SMK kelas XI dalam menyelesaikan soal pada materi fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subjek 33 siswa kelas XI TOI-B SMKN 1 Cimahi yang terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 26 orang siswa laki-laki. Data kesalahan siswa dalam menyelesaikan persoalan materi fungsi diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal fungsi, yaitu kesalahan konsep, kesalahan fakta, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Faktor penyebab kesalahan terjadi pada siswa karena kurangnya penguasaan materi prasyarat, tidak memeriksa kembali hasil akhir, dan masih kesulitan dalam membuat model matematika dari suatu soal.

Author Biographies

Iis Asriah Nurfalah, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Matematika

Luvy Sylviana Zanthy, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan,. Yogyakarta: Aditya Media.

Ariyunita, N. (2012). Analisis kesalahan dalam penyelesaian soal operasi bilangan pecahan (penelitian pada siswa kelas VII SMPN 2 Karanggede). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/21133

Badjeber, R., & Mailili, W. . (2018). Analisis pengetahuan prosedural siswa smp pada materi persamaan liniear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 45–54.

Basri, M. Y. (2017). Deskripsi pemahaman konsep fungsi. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 93–102.

Bey, A., & Asriani. (2013). Penerapan pembelajaran problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi spldv. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 224–239.

Febriyanti, C., & Seruni. (2014). Peran minat dan interaksi siswa dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 4(3), 245–254.

Fitria, T. . (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa inggris pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. MATHEdunesa, 2(1).

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. Axiom, VII(1), 18–30.

Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita spldv berdasarkan langkah penyelesaian polya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang., 182–190.

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(11-18).

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan siswa pada kategori kemampuan awal matematis rendah dalam penyelesaian tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 55–66. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3754

Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa sma swasta di kabupaten manggarai. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Maryam, M. S., & Zanthy, L. S. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas xi smk pada materi matriks dengan penerapan pendekatan reciprocal teaching. Journal On Education, 1(3), 155–165.

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaranendidikan D, 4(5).

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174.

Rifai, A. S. (2016). Analisis kesulitan siswa belajar matematika pada pokok bahasan komposisi fungsi dan invers fungsi kelas xi sma negeri 8 bulukumba kabupaten bulukumba. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Sudirman. (2019). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan minat belajar siswa ma dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan problem based learning. IKIP Siliwangi.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanti, nawal ika, & Yulaida, S. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam pemahaman materi fungsi komposisi siswa kelas xi semester 2 man pesanggaran tahun pelajaran 2014-2015. Pancaran, 4(4), 99–112.

Umam, M. . (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi hitung pecahan. MATHEdenusa Jurnal Ilmiah Pendidikn Matematika, 3(3), 131–134.

Waluyo, S. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas xi menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers di sma al-washliyah tanjung morawa t.a 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, I, 839–852.

Yusniati, Halini, & Sayu, S. (2018). Deskripsi pemahaman konsep siswa pada materi fungsi di kelas xi smk negeri 1 sadaniang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.540

Downloads

Published

2020-06-08