Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran

Authors

  • Syifa Nur Saifanah IKIP Siliwangi
  • Luvy Sylviana Zanthy IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i1.1808

Keywords:

Analisis Kesalahan, Lingkaran, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 18 siswa kelas IX di SMPN 10 Cimahi. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen berupa 5 soal tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep sebesar 27,75%, kesalahan prinsip sebesar 5,55%, dan kesalahan algoritma sebesar 5,55%.  Penyebab kesalahan siswa yaitu kurang memahami konsep lingkaran dan materi prasyarat, kurang teliti dalam membaca dan mengerjakan soal, tidak paham maksud soal, dan sebagian materi belum diajarkan.

References

Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1998

Apriliawan, A., Gembong, S., & Sanusi. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Uraian Matematika Siswa MTs pada Pokok Bahasan Unsur-Unsur Lingkaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.480

Evianti, N., Jafar, J., Busnawir, B., & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kendari dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 138–149.

Hapsyah, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Self-Confidence Siswa SMP dengan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Problem Based Learning. IKIP Siliwangi.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8

Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(76), 59–145.

Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 169–176. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.272

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67–77.

Putri, A. P., Nursalam, & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 17–30. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2718/2976.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung pada Pembelajaran Matematika dengan Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 307–314.

Saputri, N. Y., Putri, R. I. I., & Santoso, B. (2016). Desain Pembelajaran Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring Lingkaran Menggunakan Pemodelan Martabak. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 566–578.

Umam, M. D. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. MATHEdunesa, 3(3), 131–134.

Widarti, A. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Widyawati, A., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 1–9.

Yadrika, G., Amelia, S., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. JPPM, 12(2), 195–212.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1), 1–7.

Downloads

Published

2020-07-14