Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Rubik terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i2.2133Keywords:
think pair share, rubik, prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) berbantuan alat peraga rubik terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental pretes-postes dan kelompok kontrol tidak acak. Penelitian ini melibatkan 70 siswa SMP di Kabupaten Lamongan. Analisis menggunakan teknik kuantitatif dengan uji statistik inferensial parametrik. Hasil pengujian menggunakan uji-T menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) atau Pvalue = 0,000 ? 0,05, dan pada thitung = 4,076 > ttabel = 1,995. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS berbantuan alat peraga rubik dibandingkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) berbantuan alat peraga rubik terhadap prestasi belajar siswa.
References
Agustina, L., Rustiyarso, & Okiana. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran, 6(5), 1-13. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19933
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah
Pendidikan MIPA, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Awal, R., Sari, M., & Amalia, T. (2018). Interaksi Teman Sebaya dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 7
Pekanbaru. Indonesian Biology Teachers, 1(1), 8–14.
Chotimah, S., Sari, I. P., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Kubus dan Balok.
Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 86–89. https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p86-89.1283
Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smk Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan
Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan, 23(3), 395–402. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8253
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in
Mathematics Learning and Education, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552
Ermistri, A. I. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Untan, 6(6), 1–9.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal
Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161
Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. PENSA, 2(1), 36–42.
https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.773
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harahap, U. S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Garis dan Sudut di MTS Al-
Jam”iyatul Washliyah (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Medan.
Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media
Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2), 71–79.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar, M. (2013). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pembelajaran Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kebumen. Jurnal
Ilmiah Tut Wuri Handayani, 2(4), 402–410.
Izzah, J., & Qohar, A. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share
(TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 64–70.
https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22547
Jumarniati, J. (2016). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN di Kecamatan Biringkanaya. Prosiding, 2(1), 231–
Karyanto, P. S., & Mampouw, H. L. (2018). Koneksi Matematis Pada Materi Kubus dan Balok oleh Siswa SMP Kelas VIII. Numeracy, 5(1), 57–66.
https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.312
Kusuma, I. P. A. Y. A., & Ariawan, I. P. W. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja Melalui
Penerapan Teknik Mind Map. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 1–10.
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.641
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 5(1), 549-558–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Lyman, F. (1981). The Responsive Class Discussion. Maryland: University of Maryland: Maryland: University of Maryland.
Malalina, M., & Yenni, R. F. (2020). Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Kubus dan Balok. PHI:
Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.83
Marhaeni, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA. PENDASI: Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1–7.
Marlina, L. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika
Kelas VII SMP 2 Sragi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 54–61. https://doi.org/10.31941/delta.v3i1.444
Miasari, N. M. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Pada Siswa Kelas Vi
Semester II SD Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 59–70.
https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.885
Nasution, R. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga Payung
Kecamatan Sungai Kanan (Undergraduate, IAIN Padangsidimpuan). IAIN Padangsidimpuan. Retrieved from http://etd.iain-
padangsidimpuan.ac.id/4581/
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edumatika, 7(2), 111–117.
https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Parlina, R. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Materi
Akutansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Kabupaten Klaten (Skripsi). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Permata, J. I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Smp Negeri 3
Ngabang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 42–46. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i1.335
Piaget, J. (1950). The psychology of intelligence (M. Piercy & D. E. Berlyne, Trans.). London and New York: Routledge.
Rahayu, F. (2019). Efektivitas Self Efficacy dalam Mengoptimalkan Kecerdasan dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Consilia?: Jurnal Ilmiah
Bimbingan dan Konseling, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.33369/consilia.2.2.121-131
Rahayu, T. R., Huda, M., & Shodikin, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Alat Peraga Rubbik terhadap Self
Efficacy Siswa pada Materi Kubus dan Balok. Inspiramatika, 3(2), 117–123.
Rosalina, R., Paridjo, P., & Ponoharjo, P. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran STAD dengan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Ditinjau dari Kreativitas. Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), 1(1), 10–18. https://doi.org/10.24905/jppm.v1i1.16
Shodikin, A. (2014). Strategi Abduktif Deduktif Pada Pembelajaran Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa SMA.
Edusentris, 1(2), 103–116.
Shodikin, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika.
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 101–110. (siswa SMA). https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.3713
Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1),
–11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.887
Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar,
(2), 183–190. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i2.4259
Suprihatin, A. (2014). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Jarimatika pada Materi Perkalian Siswa Kelas III di MI
Yappi Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/14164/
Trisnawati, N. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-
Share (TPS) pada Siswa Kelas Vb SD Muhammadiyah I Sorong. Qalam?: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 26-32–32.
https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.257
Zakaria, Y., Umanailo, M. C. B., Lisaholit, S., & Chamidah, D. (2019). Analisis Faktor Motivasi yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa pada
Bidang Studi Matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Namlea. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 123–134.
https://doi.org/10.15575/jispo.v9i2.5200
Zulvadri, I., & Safitri, E. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Merangin. Jurnal Tunas
Pendidikan, 2(1), 31–40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.