Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Rubik terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i2.2133

Keywords:

think pair share, rubik, prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) berbantuan alat peraga rubik terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental pretes-postes dan kelompok kontrol tidak acak. Penelitian ini melibatkan 70 siswa SMP di Kabupaten Lamongan. Analisis menggunakan teknik kuantitatif dengan uji statistik inferensial parametrik. Hasil pengujian menggunakan uji-T menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) atau Pvalue = 0,000 ? 0,05, dan pada thitung = 4,076 > ttabel = 1,995. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS berbantuan alat peraga rubik dibandingkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) berbantuan alat peraga rubik terhadap prestasi belajar siswa.

References

Agustina, L., Rustiyarso, & Okiana. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran, 6(5), 1-13. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19933

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah

Pendidikan MIPA, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91

Awal, R., Sari, M., & Amalia, T. (2018). Interaksi Teman Sebaya dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 7

Pekanbaru. Indonesian Biology Teachers, 1(1), 8–14.

Chotimah, S., Sari, I. P., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Kubus dan Balok.

Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 86–89. https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p86-89.1283

Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smk Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan

Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan, 23(3), 395–402. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8253

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in

Mathematics Learning and Education, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552

Ermistri, A. I. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Untan, 6(6), 1–9.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal

Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. PENSA, 2(1), 36–42.

https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.773

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harahap, U. S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair

Share (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Garis dan Sudut di MTS Al-

Jam”iyatul Washliyah (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Medan.

Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media

Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2), 71–79.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar, M. (2013). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pembelajaran Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kebumen. Jurnal

Ilmiah Tut Wuri Handayani, 2(4), 402–410.

Izzah, J., & Qohar, A. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share

(TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 64–70.

https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22547

Jumarniati, J. (2016). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN di Kecamatan Biringkanaya. Prosiding, 2(1), 231–

Karyanto, P. S., & Mampouw, H. L. (2018). Koneksi Matematis Pada Materi Kubus dan Balok oleh Siswa SMP Kelas VIII. Numeracy, 5(1), 57–66.

https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.312

Kusuma, I. P. A. Y. A., & Ariawan, I. P. W. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja Melalui

Penerapan Teknik Mind Map. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 1–10.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.641

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(1), 549-558–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Lyman, F. (1981). The Responsive Class Discussion. Maryland: University of Maryland: Maryland: University of Maryland.

Malalina, M., & Yenni, R. F. (2020). Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Kubus dan Balok. PHI:

Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.83

Marhaeni, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA. PENDASI: Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1–7.

Marlina, L. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika

Kelas VII SMP 2 Sragi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 54–61. https://doi.org/10.31941/delta.v3i1.444

Miasari, N. M. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Pada Siswa Kelas Vi

Semester II SD Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 59–70.

https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.885

Nasution, R. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga Payung

Kecamatan Sungai Kanan (Undergraduate, IAIN Padangsidimpuan). IAIN Padangsidimpuan. Retrieved from http://etd.iain-

padangsidimpuan.ac.id/4581/

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edumatika, 7(2), 111–117.

https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Parlina, R. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Materi

Akutansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Kabupaten Klaten (Skripsi). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Permata, J. I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Smp Negeri 3

Ngabang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 42–46. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i1.335

Piaget, J. (1950). The psychology of intelligence (M. Piercy & D. E. Berlyne, Trans.). London and New York: Routledge.

Rahayu, F. (2019). Efektivitas Self Efficacy dalam Mengoptimalkan Kecerdasan dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Consilia?: Jurnal Ilmiah

Bimbingan dan Konseling, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.33369/consilia.2.2.121-131

Rahayu, T. R., Huda, M., & Shodikin, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Alat Peraga Rubbik terhadap Self

Efficacy Siswa pada Materi Kubus dan Balok. Inspiramatika, 3(2), 117–123.

Rosalina, R., Paridjo, P., & Ponoharjo, P. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran STAD dengan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Ditinjau dari Kreativitas. Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), 1(1), 10–18. https://doi.org/10.24905/jppm.v1i1.16

Shodikin, A. (2014). Strategi Abduktif Deduktif Pada Pembelajaran Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa SMA.

Edusentris, 1(2), 103–116.

Shodikin, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika.

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 101–110. (siswa SMA). https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.3713

Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1),

–11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.887

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar,

(2), 183–190. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i2.4259

Suprihatin, A. (2014). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Jarimatika pada Materi Perkalian Siswa Kelas III di MI

Yappi Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/14164/

Trisnawati, N. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-

Share (TPS) pada Siswa Kelas Vb SD Muhammadiyah I Sorong. Qalam?: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 26-32–32.

https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.257

Zakaria, Y., Umanailo, M. C. B., Lisaholit, S., & Chamidah, D. (2019). Analisis Faktor Motivasi yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa pada

Bidang Studi Matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Namlea. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 123–134.

https://doi.org/10.15575/jispo.v9i2.5200

Zulvadri, I., & Safitri, E. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Merangin. Jurnal Tunas

Pendidikan, 2(1), 31–40.

Downloads

Published

2023-02-02