Pengaruh Blended Learning Sebagai Iovasi Pembelajaran Selama Masa Pendemi Covid-19 terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa

Authors

  • Siska Candra Ningsih Universitas PGRI Yogyakarta
  • Titis Sunanti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2232

Keywords:

blended learning, pembelajaran online, pembelajaran langsung, kemandirian

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui pengaruh blended learning sebagai suatu inovasi pembelajaran selama masa pandemi covid-19 terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Desain penelitiannya adalah pre experimental design bentuk One Group Pretest-Postest dengan teknik penentuan sampel secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan uji statistik inferensial parametrik. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan statistik uji t diperoleh nilai t =  3,41 > t tabel = 2,093. Jadi H1 diterima yang artinya ada pengaruh Blended Learning terhadap kemandirian belajar. Blended learning mempengaruhi motivasi, kedisiplinan dan tanggung jawab mahasiswa dalam belajar. Blended learning juga mempengaruhi inisiatif mahasiswa dalam belajar dan keinginan mengevaluasi sendiri keberhasilannya dalam pembelajaran.

References

Abdul Rahman, N. A., Hussein, N., & Hairianie Aluwi, A. (2015). Satisfaction on Blended Learning in a Public Higher Education Institution : What Factors Matter ? Procedia Social and Behavioral Science, 211(September), 768–775. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.107. Dapat diakses di : https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815054476?via%3Dihub.

Caporarello, L., & Iñesta, A. (2016). Make blended learning happen : conditions for a successful change process in higher education institutions. EAI Endorsed Transaction on E-Learning, 3(12(2)), 6–11. Dapat diakses di : https://www.researchgate.net/publication/311359104_Make_blended_learning_happen_conditions_for_a_successful_change_process_in_higher_education_institutions

Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. P-ISSN 2338-4387 E-ISSN 2580-3247, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806. Dapat diakses di : http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/1806

Hasbullah. (2014). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan. Jurnal Formatif, 4(1), 65-70 ISSN: 2088-351X. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.140. Dapat diakses di : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/140

Khoiroh, N., Munoto, & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97-110 P-ISSN : 1979-9594 E-ISSN : 2541-5492. Dapat di akses di : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/13986/10238

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. P-ISSN : 2086-4280. E-ISSN : 2527-8827, 10(1), 1–12. Dapat diakses di : https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n1

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. E-ISSN:2540-7562. P-ISSN:2086-5872, 8(2), 177–186. Dapat diakses di : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014/0

Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students early ability. International Electric Journal Of Mathematics Education. E-ISSN:1306-3030, 12(3), 689–708. Dapat diakses di : https://www.iejme.com/article/the-influence-of-learning-model-and-learning-independence-on-mathematics-learning-outcomes-by

Murjainah, Ayaningrum, K., & Arisman. (2019). Upaya Meningkatkan Softskill Disiplin Melalui Penggunaan Edmodo Dengan Metode Blended Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 169-177 E-ISSN : 2407-7437. Dapat diakses di : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/15231

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Informatif. ISSN : 2088-351X, 6(1), 73–84. Dapat diakses di : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/754

Ningsih, Y. L., Misdalina, & Marhamah. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. AL-Jaabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155–164. Dapat diakses di : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/1633

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic:Jurnal Pendidikan Matematika. E-ISSN:2579-3977, 3(1). Dapat diakses di : https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/57

Sanjayanti, A., Sulistiono, & Budiretnani, D. A. (2015). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5 pada Model PBL Materi Sistem Reproduksi Manusia. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 361–363. Dapat diakses di : https://media.neliti.com/media/publications/174780-ID-none.pdf

Sari, M. (2014). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ta’dib, 17(2), 126–137. Dapat diakses di : https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/267

Sudiana, R., Fatah, A., & Khaerunisa, E. (2017). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Virtual Class. JPPM : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. P-ISSN : 1979-3545. E-ISSN : 2528-682X, 10(1), 74–80. Dapat diakses di : https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1292/0

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. Dapat diakses di : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1034/0

Usman. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnalisa:Jurnal Jurusan Jurnalistik, 04(1), 136-150 P-ISSN : 2460-6766 E-ISSN : 2686-0570. Dapat diakses di : http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jurnalisa/article/view/5626/0

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462. Dapat diakses di : https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia. P-ISSN 2615-4625. E-ISSN 2655-0857, 3(1), 142–149. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218. Dapat diakses di : http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218

Downloads

Published

2021-09-07