Analisis Pemahaman Konsep Matematis: Dampak Model Pembelajaran Index Card March, Course Review Horay, dan Curiosity
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i2.2463Keywords:
Course Review Horay, Index Card Match, Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Rasa Ingin TahuAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap interaksi antar model Pembelajaran Index Card Match, Course Review Horay, dan curiosity (rasa ingin tahu) terhadap pemahaman konsep matematis, serta perbedaan kemampuan konsep matematis berdasarkan tingkat curiosity. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan Desain Eksperimen Semu. Siswa SMP Negeri 01 Bunga Mayang kelas VIII sebagai sampel yang didapat menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan siswa yang mendapat model ICM, model CRH, dan model tradisional dalam memahami konsep matematika; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang rasa ingin tahunya rendah, sedang, dan tinggi; 3) Tidak terdapat interaksi antara curiosity dan model pembelajaran dengan kemampuan memahami konsep matematika.
References
Aar Marwati, Romdanih, & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Menghitung Keliling dan Luas Segitiga melalui Model Pembelajaran Index Card Match. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 235–243. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/645
Afrilia, M., & Jamaan, E. Z. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 9(3), 59–63. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/4389
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553
Arjuniwati. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–13. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/197
Artaniaa, D. R., Masykurb, R., & Andrianic, S. (2021). Dampak Rotating Trio Exchange Dan Curiosity Terhadap Pemahaman Konsep. AdMathEdu, 11(2), 137–148. https://media.neliti.com/media/publications/363813-dampak-rotating-trio-exchange-dan-curios-3d4ba4d5.pdf
Astuti, N. M. M. A., Ardana, I. kKtut, & Putra, M. (2019). Pengnaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengnetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 319–328.
Damanik, R. N., & Hasibuan, E. K. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dengan Pendekatan Active Learning Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Pendidikan & Matematika, VIII(1), 1–13.
Dewi, N. P., Lasmawan, I., & Gunamantha, I. . (2019). Motivasi Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa. PENDASI?: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 52–61.
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Erman, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.
Fadillah, L., Kartono, & Supriyadi. (2019). Peran Tutor Feedback dalam Model PBL pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 533–539. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Fiani, R., Sudargo, & Kusumaningsih, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran ATI Dan CRH Menggunakan Strategi Guided Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 388–396. https://repository.usd.ac.id/41056/1/7455_meningitis.pdf
Fua, J. La, Zuhari, & Arifin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 1Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 36–54.
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id
Hartiningrum, E. S. N., & Ula, N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159
Henita, H., Mashuri, M., & Margana, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang. PRISMA, 2, 79–83.
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Insani, S. U. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas X MIA 2 MAN Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 1161–1171.
Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 267. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970
Karubaba, S. A. M., Rahman, B., & Arifin, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 37. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3150
Khairunnisa, & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 9–19.
Khodijah, I., Sahrodi, J., Handoko, H., & Matematika, J. T. (2018). Penerapan Model Paikem Melalui Pendekatan Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Int?gral, 9(2), 25–36.
Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87–92. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam
Melliana, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Menggunakan Bahan Ajar Desain Didaktis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. UIN Raden Intan Lampung.
Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Oktiani, M., & Nugroho, O. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICM Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 43–53.
Permanasari, L., Pradana, K. C., Payung, D., Lampung, K. B., Sang, U., Ruwa, B., Matematika, H. B., & Pembelajaran, M. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp The Influence Of Active Knowledge Sharing Learning Model On Mathematics Learning Outcomes Of Junior. 01(01), 1–7.
Pradana, K. C., Fadilla, A., & Putra, A. R. (2022). Peningkatan Pemahaman Matematika Bagi Anak-Anak Melalui Pemberdayaan Media Belajar Ular Tangga matematika. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), 1(1), 17–21.
Prihastoto, R., Ashadi, A., & Haryono, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning CYCLE 5E Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Teras. 8(1), 110–115.
Putri, D. A., Istihana, I., & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berbantuan Modul Desain Didaktis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 64. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1652
Rahmawati, Y., Pradana, K. C., Novalia, Rinaldi, A., & Syazali, M. (2021). Curiosity and creative characters: The impact on students’ munerical ability. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 231–246. https://doi.org/10.24042/djm
Salsabila, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Handout Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Di SMKN 3 Pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 37. https://doi.org/10.31941/delta.v7i1.922
Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–244. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123
Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv11n1_9
Sarniah, S., Anwar, C., & Yunian Putra, R. W. (2019). Pengaruh Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87–96.
Setiyadi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Berbantukan Lembar Kerja Siswa Lambang Bilangan Romawi Melalui Strategi TANDUR di Kelas IV Sekolah Dasar. PRISMA, 1, 954–962.
Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 46–48.
Solekhah, S., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(3), 117–122.
Subarianto, Ikhsan, M., & Munzir, S. (2019). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 7(1), 127–135.
Sugiarto, D. H., Suryadi, B. ., S, A. N. C., & Paerah, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6(1), 24–30.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Wijaya, T. U. U., Destiniar, & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 53(9), 431–435. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/viewFile/1910/1723
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Yuniantika, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Wirokerten Yogyakarta. Trihayu:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 347–352.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.