Etnomatematika: Geometri Transformasi Dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2509

Keywords:

Etnomatematika, Geometri Transformasi, Bangunan Monumental

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur matematika geometri transformasi pada Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) sebagai ikon kota dan pusat aktivitas masyarakat Kediri. Penelitian ini dikategorikansebagai penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan studi literatur.Hasil penelitian menunjukkan beberapa unsur translasi, refleksi, refleksi, dan dilatasi ada pada setiap sisi monumen dan kawasan di sekitar monumen SLG.  Unsur geometri pengubinan atau teselasi beraturan berupa grup wallpaper dan grup frieze ditemukan pada satu pola ubin yang ada di sekitar kawasan Monumen SLG. Temuan ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan dan inovasi media pembelajaran dalam konteks budaya lokal, khususnya topik geometri transformasi.

Author Biographies

Eka Resti Wulan, IAIN Kediri

Department of Mathematics Education

Ahmada Maghfirotul Inayah, IAIN Kediri

Department of Mathematics Education

Laylatul Khusnah, IAIN Kediri

Department of Mathematics Education

Ulfa Rohmatin, IAIN Kediri

Department of Mathematics Education

References

Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta | Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah SOULMATH, 8(2), 131–138. http://dx.doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Abidin, Z., & Walida, S. E. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa (pp. 197–202). Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya. http://math.fst.unair.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/29-Zainal-Abidin__Pendidikan_.pdf

Afifi, R. N., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika Pada Bangunan Tempat Ibadah Tri Dharma Hoo Tong Bio Berdasarkan Konsep Geometri Sebagai Bahan Ajar Siswa. KadikmA, 10(1), 25–34. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i1.11655

Andriani, L., & Muchyidin, A. (2020). Pola Frieze Group Pada Gerakan Tari Buyung Kuningan. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 81–100.

Anggo, M. (2011). Pemecahan masalah matematika kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.

Annisa, C., Fauziah, A., & Erawati, E. (2020). Engklek Gen 4.0 (Studi Etnomatematika: Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1), Article 1. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/article/view/2499

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan memecahkan masalah matematik siswa SMP dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332.

Ardhani, H. W. (2019). Monumen Simpang Lima Gumul Sebagai Ikon City Branding Kabupaten Kediri [Skripsi, Universitas Airlangga]. Http://lib.Unair.ac.id

Ardianingsih, A., Lusiyana, D., & Rahmatudin, J. (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hots Matematik Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 148–161.

d’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

d’Ambrosio, U., & Rosa, M. (2017). Ethnomathematics and Its Pedagogical Action in Mathematics Education. In M. Rosa, L. Shirley, M. E. Gavarrete, & W. V. Alangui (Eds.), Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education (pp. 285–305). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6_12

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408–419. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Fiantika, F. R. (2019). “Wayang Gandrung” Sebuah Tradisi Seni Dalam Pembelajaran Matematika Masa Kini. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 59–68.

Fredy, F., Halimah, L., & Hidayah, Y. (2020). Malind-Papua Ethnomathematics: Kandara Musical Instrument as Learning Media for Geometry Concepts in Elementary School. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 43–57. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.872

Gawen, M. nirmala hospa, Taga, G., & Meke, K. D. P. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Anyaman Daun Lontar Kebudayaan Lamaholot. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.847

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47–59. https://doi.org/10.29300/equation.v4i1.4027

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110.

Haryanto, Nusantara, T., Subanji, & Abadyo. (2016). Ethnomathematics in Arfak (West Papua Indonesia): Hidden Mathematics on knot of Rumah Kaki Seribu. Educational Research and Reviews, 11(7), 420–425. https://doi.org/10.5897/ERR2015.2620

Ilmiyah, N. F., Annisa, A., Fitriyah, A., & Vebyanti, B. S. (2020). Analisis Motif Anyaman Dan Aktivitas Fundamental Matematis Dalam Seni Menganyam Di Desa Plaosan Kabupaten Kediri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 92–104. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.92-104

Imswatama, A., & Zultiar, I. (2019). Etnomatematika: Arsitektur Rumah Adat di Sukabumi sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(2), 119–130. https://doi.org/10.29240/ja.v1i2.1007

Jannah, H. N. (2019). Etnomatematika: Batik Khas Kediri Sebagai Media Pembelajaran Matematika Barisan dan Deret Aritmetika. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 440–446.

Kabupaten Kediri, P. (2021). Simpang Lima Gumul. Simpang Lima Gumul. https://kedirikab.go.id/hiburan

Kamid, K., Saputri, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1793–1806.

Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. (2017). Budaya Kediri Dalam Pembelajaran Matematika (Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik). JIPMat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1482

Khasanah, B. A., & Fadila, A. (2018). Pengembangan Lkpd Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. JURNAL e-DuMath, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.26638/je.734.2064

Khayat, K. (2020). Etnomatematika: Bangun Datar pada Benteng Van Der Wijck Gombong Jawa Tengah. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 121–129. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6384

Khoriyah, M., & Oktiningrum, W. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Budaya Lokal Blitar untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan Matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359–370. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.754

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164–176. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9787

Marhummah, U., & Mariana, N. (2020). Eksplorasi Konsep Geometri Sekolah Dasar Pada Arsitektur Multikultural Masjid Auliya Sentono Gedong Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), Article 3. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/34681

Maulani, F. I., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kekeliruan Siswa Smk Negeri Di Kota Cimahi Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Transformasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 729–738. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%p

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59–70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.628

Nurmaya, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

Perdani, C. W. (2020). Etnomatematika hasil pembuatan krecek kerupuk rambak kanji dalam penerapan pembelajaran melalui berpikir spasial. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2), 99–106. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1958

Purniati, T., & Suhaedi, D. (2020). Ethnomathematics: Exploration of a mosque building and its ornaments. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3), 032042.

Rahmawati, E. (2019). Etnomatematika Pada Gapura Gesibu Blambangan Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91985

Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.37

Rizki, H. T. N., & Frentika, D. (2021). Etnomatematika Dalam Budaya Barapan Kebo Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 252–264.

Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi budaya melalui pembelajaran matematika bermakna di sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139–147.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática Perspectivas Socioculturales de La Educación Matemática, 4(2), 32–54.

Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 86–90.

Samijo, S., & Yohanie, D. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas Kota Kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 135-145-135–145. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11975

Saputri, A. E. (2021). The Development Principle Of A Contextual Based Teaching Book On Environmental Education For Primary School Teachers. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 22(01), 43–49.

Sari, W. A. M. P. (2019). Pengembangan Lkpd Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Candi Singosari [Undergraduate, University of Muhammadiyam Malang]. https://eprints.umm.ac.id/49212/

Senita, P., & Neno, E. S. (2018). Kristalografi Bidang Datar Dalam Kain Tenun Masyarakat Manggarai. Prosiding Sendika, 4(1).

Setiawan, T. B., Wahyu, S., & Sunardi, S. (2018). Etnomatematika Pada Pura Mandara Giri Semeru Agung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. KadikmA, 9(1), 156–164.

Sroyer, A. M., Nainggolan, J., & Hutabarat, I. M. (2018). Exploration of Ethnomathematics of House and Traditional Music Tools Biak-Papua Cultural. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2751

Sudirman, S., Rosyadi, R., & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan Etnomatematika Pada Karya Seni Batik Indramayu Dalam Pembelajaran Geometri Transformasi. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.662

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22–28. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537

Surmiyanti, C., Mutia, M., & Nurhaliza, S. (2021). Etnomatematika dalam Budaya Berdompu pada Permainan Tradisional Engklek di Kalimantan Barat. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(1), 47–57.

Tanujaya, B., & Mumu, J. (2020). Pengembangan Dan Analisis Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Alam Dan Budaya Papua. Journal of Honai Math, 3(2), 157–168.

Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39–53.

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438

Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61

Wardhani, D. A. (2018). Penggunaan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Warisan Budaya Indonesia dalam Kurikulum 2013 dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 2, 32–39.

Wulandari, D., & Budiarto, M. T. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Pada Artefak Kerajaan Singosari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 203–217. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.905

Rahmawati Z., Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Downloads

Published

2022-02-08