Newman Error Analysis dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i2.3287

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan NEA dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah program linear ditinjau dari gaya kognitif, FI dan FD. Dalam menyelesaikan masalah program linear, subjek FI cenderung melakukan kesalahan pada tahap comprehension, transformation, dan process skill. Sedangkan subjek FD cenderung melakukan kesalahan pada tahap comprehension, transformation, process skill, dan encoding.  Penyebab kesalahan yang dilakukan subjek FI adalah kurang cermat, ketidaktepatan menggunakan pengetahuan untuk mengubah tanda suatu pertidaksamaan menjadi persamaan pada proses eliminasi, dan ketidakmampuan dalam menentukan nilai optimum suatu masalah. Sedangkan penyebab kesalahan yang dilakukan subjek FD adalah kurang teliti dalam memproses suatu informasi, kurang memahami konsep program linear dalam pemodelan matematika, kurangnya akurasi subjek dalam menyelesaikan masalah dan ketidaktelitian dalam bekerja.

References

Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, Rochmad, & Lestari, M. D. (2019). The Position and Causes of Students Errors in Algebraic Thinking Based on Cognitive Style. International Journal of Instruction, 12(1), 1431–1444. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12191a

Aini, S. D., Zayyadi, M., & Hasanah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkemampuan Matematika Rendah Berdasarkan Gender. KadikmA, 12(3), 96. https://doi.org/10.19184/kdma.v12i3.27982

Aini, S. D., Zayyadi, M., & Saleh, K. A. (2020). Written Mathematical Communication Skills on Open-Ended Problems: Is It Different Based on the Level of Mathematics Ability? MaPan, 8(2), 179–204. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n2a2

Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.506

Hasbullah, H., & Sajiman, S. U. (2020). the Differences of Cognitive Style Fields-Independent and Dependent on Students’ Mathematical Problem Solving Abilities. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 387–394. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2778

Ida, K. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis. Paradikma, 8(1), 37–51.

Kartikasari, Y., Kusumaningsih, W., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 477–483. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.7901

Kristianto, E., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2019). Analysis of Students’ Error in Proving Convergent Sequence using Newman Error Analysis Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 1180(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1180/1/012001

Maryam, S., & Rosyidi, A. H. (2016). Representasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 74–79.

Murtafiah, M., & Amin, N. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2986

Pithers, R. T. (2002). Cognitive learning style: A review of the field dependent-field independent approach. Journal of Vocational Education and Training, 54(1), 132. https://doi.org/10.1080/13636820200200191

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Sumule, U., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2018). Error Analysis of Indonesian Junior High School Student in Solving Space and Shape Content PISA Problem Using Newman Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 947(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012053

Tafrilyanto, C. F. (2016). Profil Berpikir Relasional Siswa Sma dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. SIGMA: Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(1), 5–12.

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, ISSN-0126-, 20.

Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri Kelas X. Sigma, 3(1), 12–16.

Zayyadi, M., & Maulana, W. H. (2016). Profil Berpikir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dalam. Prosiding Semnasdik 2016, May 2016.

Zayyadi, M., & Subaidi, A. (2017). Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 10–15.

Downloads

Published

2023-03-04 — Updated on 2023-04-15