Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Kharisma Romadhon Madon UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fildza Malahati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Irfan Irfan
  • Rusdy Iskandar
  • Wandri Ramadhan

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i2.3307

Abstract

Penelitian ini mencoba menunjukkan bagaimana model pembelajaran dan bakat yang sudah ada sebelumnya mempengaruhi keberhasilan matematika siswa sekolah dasar. Untuk menggunakan alat analisis statistik, metode penelitian ini membutuhkan pendekatan kuantitatif, yang memiliki efek samping bahwa seorang peneliti harus berurusan dengan angka. Analisis varian dalam dua arah digunakan (ANOVA dua arah). Menurut temuan, ada efek utama Model Pembelajaran dan Kemampuan Dini yang signifikan secara statistik (masing-masing p=0,037 dan p0,001), dengan ukuran dampak sedang dan besaran yang sesuai. Hal ini menunjukkan bahwa ada variasi pencapaian substansial antara model pembelajaran, tidak tergantung pada kemampuan sebelumnya, dan perbedaan kemampuan awal yang substansial, tidak tergantung pada model pembelajaran. Temuan penelitian ini mendukung anggapan bahwa pengaruh model pembelajaran dan titik awal terhadap prestasi diuji dengan menggunakan ANOVA dua arah. Model pembelajaran merupakan faktor yang signifikan.

References

DAFTAR RUJUKAN

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Andari, T. (2012). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari

Kemampuan Awal Siswa. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Annurwanda, P., & Friantini, R. N. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Round Table dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Ditinjau dari Kemampuan Awal. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 1–13.

https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.19

Arifin, M. B. U. B., & Nurdyansyah. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1).

Danial, M., & Tabrani Gani, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan

Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal of Educational Science and Technology, 3(1).

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390

Erita. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar

Akuntansi Siswa. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 6(1).

Fauziah, U., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(2).

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis

Matematis dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPPM: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika,

(2).

Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan

Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Jiwanto, I. N., & Sugianto. (2017). Jurnal pendidikan ipa veteran. Jurnal Pendidikan Ipa, 1(35), 1–8.

Rambe, A., Fauzi, K. M. A., & Nuriadin, I. (2021). The Effect of CTL Learning with Early Mathematics Ability to Understanding Primary School

Students’ Mathematical Concepts. JEHSS: Journal of Education Humaniora and Social Sciences, 4(1).

Rattanatumma, T., & Puncreobutr, V. (2016). Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning

Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 7(12).

Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Setiawan, N. C. E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 19(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr.Ir.Sutopo,S.Pd (ed.)). Alfabeta.

Suharyanto. (2015). Tingkat Ketidaklulusan UAN Sumbar dan NTT Tertinggi.

Suherma, E. (2006). Stategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajara: Teori Dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1).

Tangkas, I. M. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Literasi

Sains Siswa Kelas X Sma Pgri 1 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11.

Vebriyanti Dwi Anggraini, Amat Mukhadis, & M. (2013). Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).

Downloads

Published

2023-02-07