Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i2.3307Abstract
Penelitian ini mencoba menunjukkan bagaimana model pembelajaran dan bakat yang sudah ada sebelumnya mempengaruhi keberhasilan matematika siswa sekolah dasar. Untuk menggunakan alat analisis statistik, metode penelitian ini membutuhkan pendekatan kuantitatif, yang memiliki efek samping bahwa seorang peneliti harus berurusan dengan angka. Analisis varian dalam dua arah digunakan (ANOVA dua arah). Menurut temuan, ada efek utama Model Pembelajaran dan Kemampuan Dini yang signifikan secara statistik (masing-masing p=0,037 dan p0,001), dengan ukuran dampak sedang dan besaran yang sesuai. Hal ini menunjukkan bahwa ada variasi pencapaian substansial antara model pembelajaran, tidak tergantung pada kemampuan sebelumnya, dan perbedaan kemampuan awal yang substansial, tidak tergantung pada model pembelajaran. Temuan penelitian ini mendukung anggapan bahwa pengaruh model pembelajaran dan titik awal terhadap prestasi diuji dengan menggunakan ANOVA dua arah. Model pembelajaran merupakan faktor yang signifikan.
References
DAFTAR RUJUKAN
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Andari, T. (2012). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari
Kemampuan Awal Siswa. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Annurwanda, P., & Friantini, R. N. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Round Table dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Ditinjau dari Kemampuan Awal. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 1–13.
https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.19
Arifin, M. B. U. B., & Nurdyansyah. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1).
Danial, M., & Tabrani Gani, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan
Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal of Educational Science and Technology, 3(1).
Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390
Erita. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar
Akuntansi Siswa. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 6(1).
Fauziah, U., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(2).
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPPM: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika,
(2).
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan
Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Jiwanto, I. N., & Sugianto. (2017). Jurnal pendidikan ipa veteran. Jurnal Pendidikan Ipa, 1(35), 1–8.
Rambe, A., Fauzi, K. M. A., & Nuriadin, I. (2021). The Effect of CTL Learning with Early Mathematics Ability to Understanding Primary School
Students’ Mathematical Concepts. JEHSS: Journal of Education Humaniora and Social Sciences, 4(1).
Rattanatumma, T., & Puncreobutr, V. (2016). Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning
Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 7(12).
Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Setiawan, N. C. E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 19(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr.Ir.Sutopo,S.Pd (ed.)). Alfabeta.
Suharyanto. (2015). Tingkat Ketidaklulusan UAN Sumbar dan NTT Tertinggi.
Suherma, E. (2006). Stategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajara: Teori Dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika.
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1).
Tangkas, I. M. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Literasi
Sains Siswa Kelas X Sma Pgri 1 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11.
Vebriyanti Dwi Anggraini, Amat Mukhadis, & M. (2013). Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.