Analisis Kesulitan Belajar Matematika Anak Tunagrahita Kelas 4 di SD Negeri
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3622Abstract
Penelitian ini bertujuan mengalisis penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami anak tunagrahita di SD Negeri. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, dengan model fenomenologi. Keabsahan data diperkuat dengan menggunakan metode tes. Model interaktif dari Miles dan Huberman diterapkan untuk menganalisis data. Penelitian ini berdasar pada teori kesulitan belajar matematika oleh Lerner, didukung dengan teori ketunagrahitaan oleh Efendi. Hasil penelitian ini, yakni : 1) kesulitan mengenal dan memahami simbol, disebabkan karena lemahnya daya ingat. 2) gangguan hubungan keruangan, disebabkan karena kemampuan berinteraksi anak tunagrahita. 3) gangguan dalam membaca bahasa matematika, disebabkan oleh keterbatasan kemampuan bahasa tunagrahita secara alamiah dan adanya gangguan konsentrasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam memilih strategi dan model belajar bagi peyelenggara pendidikan inklusi.
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar: teori, diagnosis, dan remediasinya (Cet. 1). Rineka Cipta.
Alfiani, H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari soal TIMSS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 55. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.274
Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228
Amrulloh, T., Santoso, A., & Gipayana, M. (2017). Pembelajaran yang menyenangkan untuk penguasaan kemampuan matematika dasar siswa SD. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 1–118.
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual powtoon pada pembelajaran matematika untuk siswa Sekolah Dasar (development of audiovisual based powtoon media in mathematics learning for elementary school students). JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50.
Awalia, H. R. (2016). Studi deskriptif kemampuan interaksi sosial anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.
Cahyono, H. (2019). Faktor - faktor kesulitan belajar siswa min janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. PT Bumi Aksara.
Habiba, B., Mulyani, S., Nia, N. I., & Nugroho, P. (2020). Konsep layanan responsif bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar secara daring dimasa pandemi covid-19. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 4(2), 305–322. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7583
Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2021). Peningkatan kemampuan berhitung awal melalui modifikasi bentuk permainan congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589
Irham, M. (2020). Pengaruh daya ingat terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Hidayah Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa pada bab tree dan spanning tree berdasarkan prosedur Newman. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–14.
Komalasari, H., Savitri, L., & Budiman, A. (2021). Meningkatkan kemampuan kognitif anak tunagrahita dalam pembelajaran tari melalui model memonik. JDDES: Journal of Dance and Dance Education Studies, 1(2), 9–20.
Lerner, J. W. (1997). Learning disabilities?: theories, diagnosi, and teaching strategies (7th ed.). Houghton Mifflin College.
Mala, L. (2020). Kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus tuna grahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kediri tahun pelajaran 2019/2020. UIN SATU Tulungagung.
Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh konsentrasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar ips siswa kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272
Mardison, S. (2017). Perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI). Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2), 635-643.
Marlina, M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Maulidiyah, F. N. (2020). Media pembelajaran multimedia interaktif untuk anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Muhaiba, R., Aisy, R. R., Imaniyah, N., Sari, S. M., & Agustina, S. D. (2013). Faktor penyebab kesulitan belajar dan dampak terhadap perkembangan prestasi siswa kelas 1-6 SDN Gili Timur 1. Jurnal Pendidikan, 53(9), 329–337.
Mutiani, R., & Suyadi, S. (2020). Diagnosa diskalkulia generasi alpha: masalah dan perkembangannya. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.278
Permendiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. Jakarta. 6 hal.
Nurmalita, R., Utami, W. B., & Isnani. Isnani. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada anak tunagrahita ringan. Dialektika, 8(1), 459–473.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sari, A. (2022). Analisis kesalahan belajar matematika anak tunagrahita di SLB-C Asih Manunggal kota Bandung. Universitas Siliwangi.
Sari, E. (2018). Pengaruh fishing game terhadap konsentrasi anak tunagrahita di SLB A Alpha Wardahana Surabaya. Eklesia, 7(20).
Sari, N. (2020). Pengembangan media permainan mipon’s daily untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428
Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa usia 6-8 tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179–2190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1137
Susanti, V. D. (2018). Analisis kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah berdasarkan kecerdasan logis-matematis. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83.
Sutinah, S. (2019). Terapi bermain puzzle berpengaruh terhadap kemampuan memori jangka pendek anak tunagrahita. Jurnal Endurance, 4(3), 630. https://doi.org/10.22216/jen.v4i3.4385
Ulfah, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran kartik (kartu tematik) tema 8 keselamatan di rumah dan di perjalanan bagi siswa sekolah dasar kelas ii. Profesi pendidikan dasar, 6(2), 211-224.
Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan media komik terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2354
Utami, F. N. (2020). Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91
Wati, M., & Damri, D. (2019). Meningkatkan membaca permulaan melalui metode multisensori bagi anak kesulitan belajar. PAKAR Pendidikan, 17(2), 32–42. https://doi.org/10.24036/pakar.v17i2.20
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Wulandari, F., & Murtiyasa, B. (2023). Analisis kemampuan literasi matematika siswa dalam penyelesaian soal hots materi aritmatika sosial. Histogram?: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 150–164. https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2608
Zamani, A. Z., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar developing computer-based learning media to improve motivation and learning outcome. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 89–100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.