Efektivitas Instruksi Metakognitif terhadap Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3625Abstract
Kemampuan numerasi membantu siswa memiliki kepekaan terhadap informasi dan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas instruksi metakognitif terhadap kemampuan numerasi siswa SD. Metode penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan pendekatan pretes-postes pada satu kelompok. Sampel penelitian adalah 29 siswa kelas V SDN Ngumpul Jogoroto Jombang. Data dikumpulkan dengan metode tes menggunakan soal pretes dan postes AKM Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbud. Analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instruksi metakognitif dalam pembelajaran efektif meningkatkan rata-rata kemampuan numerasi siswa. Pelibatan metakognitif dirasa perlu baik dalam proses pembelajaran, media atau alat peraga maupun instrumen pendukung lainnya berkaitan kemampuan numerasi siswa.
References
Almasitoh, U. H., & Nugrahaningsih, T. K. (2021). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Strategi Metakognitif Problem Solving Pada Siswa Sekolah Dasar Di Klaten. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.1001
Andika, I. P. W., & Yudiana, K. (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 52–60.
Anggraini, L. G., & Anas, N. (2019). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Terhadap Materi Bangun Ruang Di Sd. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(4), 335. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16384
Cahyani, L. N., Shodiq, L. J., & Agustin, D. R. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal TIMMS Konten Aljabar Ditinjau dari Pengetahuan Metakognitif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 31–51. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.646
Cresswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121
Fauzi, K. M. A. (2009). Peranan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah matematika sekolah dasar. Jurnal Kultura, 10(1), 1162–1166.
Fauziana, A., Budiarto, M. T., & Wiryanto. (2020). Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Education and Development, 8(3), 356–358.
Hidayati, V. R., Ermiana, I., Haryati, L. F., Rosyidah, A. N. K., & Anar, A. P. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pembelajaran Literasi dan Numerasi Sebagai Upaya Pencegahan Learning Loss Akibat Pandemi. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 148–154. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.344
Inaroh, A., Faradiba, S. S., & Hasana, S. N. (2023). Pelevelan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Pengetahuan Metakognitif pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(2), 1–16.
Irianti, N. P., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.582
Jalinus, N., Ganefri, P. D., Yunos, J. M., Alias, M., Syahril, I., Sukardi, M. T., & Risfendra, S. P. (2021). Riset Pendidikan dan Aplikasinya. UNP PRESS. https://books.google.co.id/books?id=MZYwEAAAQBAJ
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Lidinillah, D. A. M. (2010). Perkembangan metakognitif dan pengaruhnya pada kemampuan belajar anak. Journal.Upi.Edu, 15.
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341
Murni, A. (2019). Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.23
Nufus, J., & Subhananto, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Berbasis Akm Materi Sifat Urutan Kelas II SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/648%0Ahttps://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/648/453
Nurjanah, D., Astutik, F. Z., & Sulistyani, R. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SD Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Game Wortelmatika. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 456–467.
Nursalim, M. (2022). Antologi Neurosains dalam Pendidikan. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=TSCFEAAAQBAJ
Pusmendik. (2023). AKM kelas. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/akmkelas/post/download/desktop
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Rahma, A. (2022). Dampak Penerapan Strategi Pembelajaran Metacognitive-Scaffolding Terhadap Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SD Negeri Lembursawah 1 [Nusa Putra]. http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/364/1/AULIA RAHMA_PGSD22.pdf
Rozak, A. (2018). Proses kegagalan metakognitif pada pemecahan masalah matematika [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/64555/
Rusliah, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Instruksi Metakognisi. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=HZVfEAAAQBAJ
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83.
Tarricone, P. (2011). The Taxonomy of Metacognition. Psychology Press.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880
Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/92
Yunitasari, D; Wimbarti, S. (2009). Pengaruh instruksi metakognitif dan pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar matematika murid SD. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/43314
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.