Pengaruh Model Project Based Learning dengan Media Visual terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3631Abstract
Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Project based learning dengan media visual terhadap keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan desain factorial anava 2 arah. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian berjumlah 60 orang, meliputi siswa kelas VIII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (kelas kontrol), dengan pemilihan melalui simple random sampling. Instrumen dalam penelitian yaitu tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data dengan n-gain dan anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap keterampilan kritis terutama pada indikator situation serta inference dan overview. Saran penelitian yaitu SMP Negeri 2 Deli Tua mampu mengintegrasikan model Project based learning dalam pembelajaran di kelas.
References
Arifuddin, A. (2020). The analysis of critical thinking skills of primary school teacher candidates in solving mathematical problems. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 46. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6212
Damayanti, E. (2022). Penerapan model discovery learning berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika. JMPM, 7(1), 1–15.
Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) berbantuan media visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 1 Penatih tahun pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.
Fauzi, H. , A. (2017). Utilization of audio visual media to improve student learning result in IPS learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666.
Fitri, L., Yuliana, D., & Firman, J. (2021). Pengaruh model Pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 39-48.
Harizah, D. T. D., Sumarmi., & Bachri, S. (2021). Pengaruh model Pembelajaran Prohect Based Learning terhadap kreativitas dan hasil belajar geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(5), 767-771.
Hartini, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16.
Insani, H., Supraptono, E., & Hakim, L. (2015). Penerapan model CTL berbantuan media visual novel dalam mengidentifikasi kegunaan program aplikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 8–12.
Isnur, et al. (2018). Efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi bangun ruang kelas VII. Prosiding. Semarang: Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS.
Julia A. N. K. T., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran TPS berbantuan media visual terhadap hasil belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 239–249. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148
Khairani A. E., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). Pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik. Biodik, 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16061
Khasanah, B.A., & Ayu, I.D.(2017). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen Volume,7(2),46-53.
Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804
Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Indonesia 2 Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Jakarta Timur. Islam Jakarta. Jalan Raya Klp. Dua Wetan No.1C, 8(1), 17–28.
Koto, Y. A., Rizal, M. S., & Zulfah, Z. (2021). Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN 005 Langgini. Jurnal Review Pendidikan Dasar?: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 198–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p198-203
Nana., & Nurfa, N. N. (2020). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi 21st Century Skills TERHADAP keterampilan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 109-115.
Nasution, W. H. R., & Nasution, A. S. (2021). Quizizz: Science learning media in elementary school in developing critical thinking skills. Journal of Science Education Research, 5(1), 26–30. https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.38592
Natty, R. A., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2019). Jurnal basicedu. 3(4), 1082–1092.
Nisa, N. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis (critical thinking) peserta didik menggunakan Graded Response Models (GRM) dalam pembelajaran relasi dan fungsi pada kelas VIII-3 SMP negeri 2 Sungguminasa. Skripsi. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan media visual dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rahmawati, Syukriani, A., & Rosmah. (2011). Teori belajar penemuan brunner dalam pembelajaran matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3, 9.
Savitri, K. (2020). Efektivitas hasil belajar IPA Melalui model discovery learning berbantuan media visual siswa kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 46. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25194
Shodikin, A., & Rahayu, T. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan rubik terhadap prestasi belajar siswa. JMPM, 7(2), 127–137.
Siboro A. E. D. D. T. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Kemampuan BerpikirKritis Peserta Didik. 6(3), 5182–5188.
Siregar, N. (2020). e-ISSN: 2686-5009 Increasing Student Creativity through Project Based Learning Models in Thematic Learning. 2018.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin. (2020). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 6, 129–138.
Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh project-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 475–479.
Yanti, N. M. D., Jayanta, I. N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran course review horay berbantuan media visual terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 463. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27462
Zahroh, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi elektrokimia. Jurnal Phenomenom, 10(2), 191-203.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.