PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.511Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Peta Konsep, Kooperatif, , JigsawAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini, diterapkan pembelajaran matematika melalui peta konsep dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada
siklus I sebesar 55,56% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,48 menjadi 78,89 pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan-temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.
References
Anita, L. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asan, A. (2007). Concept mapping in Science Class: A Study of fifth grade students. Jurnal Educational Technology & Society, 10 (1), 186-195.
Djamarah, S. & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fadhilah, I. A. N. (2010). Penerapan Metode Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Topik Persamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa Kelas VII MTsN Jogoroto Tahun 2009/2010. Jombang: STKIP PGRI
Jombang.
Ibrahim, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nurman. (2009). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. http://nurmanspd.wordpress.com/2009/09/06/model-pembelajarancooperative-learning-tipe-jigsaw/ [17-11-2010].
Perkins, D.V. & Saris, R.N. (2001). „A “jigsaw classroom” technique for undergraduate statistics courses‟, Teaching of Psychology, 28, 111–113.
Ratumanan, T. G. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.
Slavin, R. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.
Solihatin, Etin & Raharjo. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugianto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo.
Vanides, J. (2005). Using Concept Maps in the Science Classroom. Jurnal National Science Teacher Association (NSTA), 28 (8), 27-31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.