PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.513Keywords:
Pendekatan Problem posing, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII SMP Negeri Neonbat Tahun Ajaran 2014/2015. Peneliti menggunakan data primer dan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan tes. Observasi dilakukan pada setiap berlangsungnya proses pembelajaran, sedangkan tes dilakukan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 19.44%, dimana pada siklus I persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 63,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendekatan Problem posing dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
References
Akbar, S. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Asmani, J. M. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM : (Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.
Brown, S. I. & Walter, M. I. (1990). The Art of Problem posing. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.
Echols, J. M. & Hassan, S. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Irham, M. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Permana, A. S. (2010). Problem posing dalam Pembelajaran Matematika.
Polya. (1973). How To Solve It. Princetown, NJ: Princetown University Press.
Pribadi, B.A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Ratumanan, T.G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Riyanto, Y. (2002). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Edward, A. & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem posing By Middle School Students. Journal For Research In Mathematics Education.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya : Unesa University Press.
Suherman. (2001). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta.
Uno, H. B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi Aksara.
Winataputra, U., dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.