PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Yoseph Pius Kurniawan Kelen Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.513

Keywords:

Pendekatan Problem posing, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  kemampuan berpikir  kreatif  siswa  dalam  pembelajaran  matematika  dengan menggunakan  pendekatan  Problem  Posing.  Subjek  dalam  penelitian ini  adalah  36  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  Neonbat  Tahun  Ajaran 2014/2015.  Peneliti  menggunakan  data  primer  dan  teknik pengumpulan  datanya  yaitu  observasi  dan  tes.  Observasi  dilakukan pada  setiap  berlangsungnya  proses  pembelajaran,  sedangkan  tes dilakukan  pada  setiap  akhir  siklus  pembelajaran.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa mengalami  peningkatan  sebesar  19.44%,  dimana  pada  siklus  I persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa  sebesar  63,89%  dan pada  siklus  II  meningkat  menjadi  83,33%.  Dengan  demikian  dapat ditarik  kesimpulan  bahwa Pendekatan  Problem  posing  dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.

Author Biography

Yoseph Pius Kurniawan Kelen, Universitas Timor

Universitas Timor

References

Akbar, S. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asmani, J. M. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM : (Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Brown, S. I. & Walter, M. I. (1990). The Art of Problem posing. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Echols, J. M. & Hassan, S. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Irham, M. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Permana, A. S. (2010). Problem posing dalam Pembelajaran Matematika.

Polya. (1973). How To Solve It. Princetown, NJ: Princetown University Press.

Pribadi, B.A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Ratumanan, T.G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Riyanto, Y. (2002). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Edward, A. & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem posing By Middle School Students. Journal For Research In Mathematics Education.

Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya : Unesa University Press.

Suherman. (2001). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta.

Uno, H. B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi Aksara.

Winataputra, U., dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2016-03-01