Analisis Cluster Psikografis Konsumen Kediri Town Square

Authors

  • Amin Tohari Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.580

Keywords:

Analisis Cluster, K-means, Komponen Psikografis

Abstract

Perkembangan pusat perbelanjaan yang semakin pesat di kota Kediri menimbulkan adanya persaingan usaha, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran seperti segmentasi konsumen pada komponen demografis dan psikografis. Dalam statistika, komponen-komponen tersebut dapat dinyatakan sebagai variabel. Untuk meringkas data dengan banyak variabel, akan digunakan analisis cluster dengan metode k-means cluster. Data yang digunakan adalah data hasil penyebaran kuisioner kepada konsumen Kediri Town Square. Analisis cluster akan dilakukan pada komponen psikografis konsumen Kediri Town Square. Metode sampling yang digunakan adalah systematic random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 responden. Analisis cluster menghasilkan empat segmen yaitu segmen yang dicirikan oleh konsumen yang lebih mempertimbangkan kualitas karena kualitas bagi mereka adalah nomer satu, segmen yang dicirikan oleh konsumen yang setia dengan merek, segmen yang tidak mempermasalahkan harga, dan segmen yang impulsive yaitu konsumen yang suka membeli barang yang tidak direncanakan sebelumnya.

References

Afifi, A. A., & Clark, V. (1990). Computer-aided Multivariate Analysis (2nd ed.). New York: Chapman & Hall.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. New Jersey: Pearson Prantice Hall.

Malhotra, N.K., & Birk, D.F. (2007). Marketing Research An Applied Approach. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Publication.

Manly, B. F. J. (1986). Multivariate Statistical Methods A Primer. New York: Chapman and Hall.

Mattjik, A.A., & Sumertajaya, I.M. (2011). Sidik Peubah Ganda dengan Menggunakan SAS. Bogor: IPB Press

Rizki, D.A., Munandar, J.M., & Andrianto, M.S. (2013). Analisis Persepsi Konsumen dan Strategi Pemasaran Beras Analog (Analog Rice). Jurnal Manajemen dan Organisasi., 4 (2), (Online), (http://journal.ipb.ac.id/index.php/jmo/article/viewFile/12621/9640, diakses 21 Juni 2016).

Seber, G.A.F. (2004). Multivariate Observations. New York: A John Wiley & Sons, Inc. Publication.

Sharma, S. (1996). Applied Multivariate Techniques. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Sitepu, R., Irmeilyana, & Gultom, B. (2011). Analisis Cluster terhadap Tingkat Pencemaran Udara pada Sektor Industri di Sumatra Selatan. Jurnal Penelitian Sains., 14 (3), (Online), (https://jpsmipaunsri.files.wordpress.com/2011/11/v14-no3-a-3-sitepu-11-17.pdf, diakses 21 Juni 2016).

Umar, H. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Yulianto, S. & Hidayatullah, K.H. (2014). Analisis Klaster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Statistika., 2 (1), (Online), (http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/1115/1165, diakses 21 Juni 2016).

Published

2016-09-01