Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639Keywords:
Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Persamaan Linier Satu VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa kelas VII-A MTs Al-Anwar Paculgowang. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi waktu untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan subjek adalah kesalahan konsep yang meliputi kesalahan dalam memahami konsep persegipanjang, konsep luas persegipanjang, serta konsep sisi persegipanjang. Kesalahan prinsip dan operasi tidak dapat diselidiki lebih lanjut karena subjek melakukan kesalahan dalam menerjemahkan soal ke dalam model matematika, sehingga subjek tidak dapat melakukan tahap penyelesaian berikutnya dengan benar.References
Atim, M. (2008). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Terapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X MAN Gresik. Tesis yang tidak dipublikasikan. Surabaya: Unesa.
Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. PAEDAGOGIA., 11(1), 1-8, (Online), (https://eprints.uns.ac.id/1851/1/95-292-1-PB.pdf, diakses tanggal 18 Desember 2014).
Brown, J., & Kim, S. (2016). Mathematics: Identifying and Addressing Student Errors, (Online), (http://iris.peabody.vanderbilt.edu, diakses tanggal 5 November 2016).
Elbrink, Megan. (2008). Analyzing and Addressing Common Mathematical Errors in Secondary Education. B.S Undergraduate Mathematics Exchange, 5(1), (Online), (http://www.bsu.edu/libraries/beneficencepress/mathexchange/05-01/Elbrink.pdf, diakses tanggal 15 Desmber 2014).
Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bernahasa Inggris Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1423/baca-artikel, diakses tanggal 4 Desember 2014).
Khasanah, U., & Sutama. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. (Online), http://eprints.ums.ac.id/32806/20/10.%20ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf, diakses 9 April 2015.
Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubugan dengan Persegi dan Persegipanjang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Pada Kelas VII. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1218/baca-artikel, diakses tanggal 4 Desember 2014).
Manibuy, R., Mardiyana., & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektrik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933-945, (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses tanggal 9 Februari 2015) .
Rahardjo, M., & Astuti, W. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar (Modul Matematika SD dan SMP Program BERMUTU). Yogyakarta: PPPPTK Matematika, (Online), (http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SD/9.PEMBELAJARAN%20SOAL%20CERITA%20OPERASI%20HITUNG%20....pdf, diakses tanggal 4 Desember 2014).
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.
Sepeng, P., & Sithembile S. (2013). Making Sense of Errors Made by Learnes in Mathematical Word Problem Solving. Mediterranean Journal of Social Sciences., 4(13), 325-333.
Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1453/baca-artikel, diakses tanggal 4 Desember 2014)
Downloads
Published
Issue
Section
License
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.