Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891

Keywords:

Problem Based Learning, Kecakapan Pembuktian Matematis

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecakapan pembuktian matematis dan mengetahui respons mahasiswa terhadap model Problem Based Learning. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Matematika semester VI Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-full Randomized Pretest-posttest Control Group Design yaitu melibatkan dua kelas. Kelas eksperimen yaitu kelas yang memperoleh penerapan Model Problem Based Learning, dan kelas kontrol yaitu kelas yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini diterapkan dalam matakuliah Analisis Real. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kecakapan pembuktian matematis pada mahasiswa yang memperoleh penerapan Problem Based Learning lebih baik daripada Pembelajaran Konvensional.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to teach (7th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ashari, N. W. (2014). Pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan analisis dan evaluasi matematik siswa smp: kuasi eksperiman pada satu smpn di kota bandung. Bandung.

Cazzola, M. (2008). Problem-based learning and mathematics: possible synergical actions. In International Conference of Education, Research and Innovation. Valencia, Spain: IATED.

Chesler, J. (2012). Pre-service secondary mathematics teachers making sense of definitions of function. Mathematics Teacher Education and Development, 14(1), 27–40.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. London: Taylor & Francis.

Diba, Farah; Zulkardi; Saleh, T. (2009). Pengembangan materi pembelajaran bilangan berdasarkan pendidikan matematika realistik untuk siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 33–46.

Firdaus, F. M., Wahyudin, & Herman, T. (2017). Improving primary students’ mathematical literacy through problem based learning and direct instruction. Educational Research and Reviews, 12(4), 212–219.

Groves, S. (2012). Developing mathematical proficiency. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 35(2), 119–145.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores.

Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Schoenfeld, A. H. (2007). Assesing mahematical proficiency. New York: Cambridge University Press.

Seng, T. O. (2003). Problem based learning innovation: using problem to power learning in 21th century. Singapore: Thomson Learning.

Sockalingam, N., & Schmidt, H. G. (2011). Characteristics of problems for problem-based. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(1), 6–33.

Sutawidjaja, A., & Dahlan, J. A. (2011). Pembelajaran matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2017-09-04