Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Core untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Rini Hardiyanti Ali Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
  • Kartini Kartini Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i1.2179

Keywords:

Model CORE, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis  siswa  pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk kelas VII SMP/MTs Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan instrumen penelitiannya lembar validasi silabus, RPP, LKPD dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data  diperoleh dari penilaian tiga validator yang kemudian dianalisis. Penerapan skor yang digunakan menggunakan skala likert dan skala guttman.  Hasil analisis data validasi perangkat pembelajaran untuk silabus diperoleh 3,68 dengan kategori sangat valid, untuk RPP diperoleh 3,62 dengan kategori sangat valid dan soal kemampuan komunikasi matematis diperoleh 3,44 dengan kategori sangat valid, untuk LKPD diperoleh 3,52 dengan kategori sangat valid serta kepraktisan LKPD diperoleh 86% dengan kategori sangat valid.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ali, R. H., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confidence siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA, 6(1), 34–43.

Angko, N. and M. (2013). Pretest posttest group . Kwangsan, 1(1), 1–15.

Apriani, N. R., Delima, N., & Yulian, V. N. (2019). Meningkatkan kemampuan koneksi matematis dengan menggunakan model pembelajaran connecting organizing rfelecting extending (core) pada siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 68–76. Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/661

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91

Auliani et al. (2018). Pengaruh model pembelajaran core siswa SMP kelas VIII. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SENPIKA)2018, 112–117.

Beladina, N., & Suyitno, A. (2013). Keefektifan model pembelajaran core berbantuan lkpd terhadap kreativitas matematis siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 34–39. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3363

Hilman, H., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika smp dengan metode inkuiri pada persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7149

Lamonta, P. A., Tandiayuk, M. B., & Puluhulawa, I. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dalam memahami volume balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(04), 464–477.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2015). The TIMSS 2015 international results in mathematics. In The TIMSS 2015 International Results in Mathematics.

Noorlaila, Danaryanti, A., & Mawaddah, S. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 162–168.

Permendikbud. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022.pdf

Rando, A. R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran dalam implementasi strategi contextual teaching learning untuk meningkatkan hasil belajar ips pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p1-12

Sa’adah, D., Masrukan, & Kuniasih, A. W. (2017). Pengembangan perangkat ajar model core pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII. Jurnal Edumath, 3(1), 15–17.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: insights and interpretations. France: OECD Publishing.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss. Jakarta: Kencana.

Sudijono, A. (2011). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Zulfah, & Rianti, W. (2018). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui soal PISA 2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 49–56.

Downloads

Published

2021-02-28