Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentuka Koordinat Cartesius dan Koordinat Kutub

Authors

  • Serly Anggristia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Devita Yohanie Universitas Nusantara PGRI
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2470

Keywords:

Analisis Kesalahan, Prinsip, Operasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan prinsip dan operasi serta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menentukan koordinat cartesius dan koordinat kutub berdasarkan teori Hadar, dkk. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan prinsip yang dilakukan siswa adalah mengonversi nilai tangen pada koordinat kutub menjadi sudut yang dikehendaki soal. Kesalahan operasi yang dilakukan siswa yaitu pembagian bentuk akar dan pembagian bilangan positif dengan bilangan negatif. Hal ini karena siswa tidak cermat membaca soal, tidak teliti dalam mengerjakan soal, belum menguasai operasi aljabar, tidak menghafal nilai tangen, tidak mengecek kembali jawabanya.

Author Biography

Serly Anggristia, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa di Universitas Nusantara PGRI Kediri

References

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam

Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal

Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42.

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,

(1), 53–64.

Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, & Yanti, A. W.

(2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal

Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122.

Hudojo, H. (2005). Pengembanagn Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.

Jakarta: Universitas Negeri Malang.

Mensah, F. S. (2017). Ghanaian Senior High School Student’s Error in Learning

of Trgonometry. International Journal of Environmental & Science

Education, 12(8), 1709–1717.

Novandini, C. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMK Negeri 1

Cangkringan Tahun Ajaran 2017/2018 dalam Menyelesaikan Soal

Trigonometri.

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.

Bandung: Tarsito.

Setyowati, T. (2018). Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentukian Koordinat Kutub Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar

Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret: Prosiding Seminar

Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–7.

Sokolowski, A., & Rackley, R. (2011). Teaching Harmonic Motion in

Trigonometry: Inductive Inquiry Supported by Physics Simulations.

Australian Senior Mathematics Journal, 25(1).

Soleh, M. (1998). Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta:

Depdikbud.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Kesatu;

Sutopo, ed.). Bandung: Alfabeta.

Suwarsono, S. (2017). Catatan Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan

Matematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wijayanto, M. D. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi

Koordinat Kartesius Berdasarkan Tahapan Kastolan.

Yulia, R., & Awaluddin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal

Matematika di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 126.

Downloads

Published

2022-07-01