Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentuka Koordinat Cartesius dan Koordinat Kutub
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2470Keywords:
Analisis Kesalahan, Prinsip, OperasiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan prinsip dan operasi serta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menentukan koordinat cartesius dan koordinat kutub berdasarkan teori Hadar, dkk. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan prinsip yang dilakukan siswa adalah mengonversi nilai tangen pada koordinat kutub menjadi sudut yang dikehendaki soal. Kesalahan operasi yang dilakukan siswa yaitu pembagian bentuk akar dan pembagian bilangan positif dengan bilangan negatif. Hal ini karena siswa tidak cermat membaca soal, tidak teliti dalam mengerjakan soal, belum menguasai operasi aljabar, tidak menghafal nilai tangen, tidak mengecek kembali jawabanya.
References
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam
Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal
Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42.
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,
(1), 53–64.
Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, & Yanti, A. W.
(2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal
Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122.
Hudojo, H. (2005). Pengembanagn Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.
Jakarta: Universitas Negeri Malang.
Mensah, F. S. (2017). Ghanaian Senior High School Student’s Error in Learning
of Trgonometry. International Journal of Environmental & Science
Education, 12(8), 1709–1717.
Novandini, C. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMK Negeri 1
Cangkringan Tahun Ajaran 2017/2018 dalam Menyelesaikan Soal
Trigonometri.
Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.
Bandung: Tarsito.
Setyowati, T. (2018). Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentukian Koordinat Kutub Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar
Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret: Prosiding Seminar
Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–7.
Sokolowski, A., & Rackley, R. (2011). Teaching Harmonic Motion in
Trigonometry: Inductive Inquiry Supported by Physics Simulations.
Australian Senior Mathematics Journal, 25(1).
Soleh, M. (1998). Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta:
Depdikbud.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Kesatu;
Sutopo, ed.). Bandung: Alfabeta.
Suwarsono, S. (2017). Catatan Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan
Matematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Wijayanto, M. D. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi
Koordinat Kartesius Berdasarkan Tahapan Kastolan.
Yulia, R., & Awaluddin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal
Matematika di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 126.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.