Penerapan Model Sole Berbantuan M-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2594Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran SOLE berbantuan Mobile learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perbandingan Trigonometri. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas X APHP SMK Negeri Bandar Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan secara daring. Pembelajaran SOLE berbantuan aplikasi Mobile learning dilakukan dengan Langkah-langkah: (1) questions, (2) mengorganisasikan siswa, (3) eksplorasi dan investigasi, (4) monitoring, (5) presentasi hasil diskusi, (6) evaluasi, telah terbukti dapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri. Hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri pada tahap pra-siklus mencapai ketuntasan sebesar 10%, hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 45% dan siklus 2 sebesar 90%. Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran secara daring menggunakan model SOLE berbantuan mobile learning pada materi perbandingan Trigonometri dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi pada siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 18.90 %.
References
Anjarsari, Elly, Donny Dwi Farisdianto, and Abdul Wahid Asadullah. 2020. “Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5 (2): 40–50. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/2084/1146.
Arafani, Elma Lusiana, Elin Herlina, and Luvy Sylviana Zanthy. 2019. “Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2): 323–32. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112.
Dwiranata, Doni, Dewi Pramita, and Syaharuddin Syaharuddin. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA.” Jurnal Varian 3 (1): 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487.
Hanik, Elya Umi. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8 (1): 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.
Kemendikbud. 2020. “Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan.” Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 3 (1): 2.
Kiromi, Ivonne Hafidlatil, and Puji Yanti Fauziah. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Membantu Karaker Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 2 (1): 107–21.
Kurniawan, Hendra. 2017. “Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Android (Studi Kasus?: Jurusan Sistem Informasi IIB Darmajaya).” Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika 8 (1). https://doi.org/10.36448/jsit.v8i1.866.
Kusasi, Ahmad. 2021. “Penggunaan Model SOLE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Materi Teori Kinetik Gas.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5 (2): 175. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2833.
Marfu"ah, Sri. 2015. “Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis,” 70.
Mitra, Sugata, and Emma Crawley. 2014. “Effectiveness of Self-Organised Learning by Children: Gateshead Experiments.” Journal of Education and Human Development 3 (3): 79–88. https://doi.org/10.15640/jehd.v3n3a6.
Mulyani, Eva, Ike Natalliasari, and Siska Ryane Muslim. 2018. “Jurnal Pengabdian Siliwangi IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DALAM Abstrak Kata Kunci?: Desain?; Pembelajaran Matematika?; Geometer ’ s Sketchpad Abstract Keyword?: Design?; Learning of Mathematics?; and Geometer ’ s Sketchpad Jurnal Peng” 4: 80–84.
Nyoman, Ni, and Kurnia Wati. 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Berbasis Tri Kaya Parisudha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Dasar 2 (1): 1–10. urnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1387/1085.
Pengelley Jane, James Pyper. n.d. “School in the Cloud, Feet on the Ground: Language Learning with SOLE” 32 (2): 17–33.
Pratama, Oktaviyani Rosniadi, and Eko Risdianto. 2021. “The Need Analysis of Learning Module Development Using Self Organized Learning Environment ( Sole ) Assisted by Augmented Reality on Rotational Dynamics and Rigid Body Equilibrium” 1 (1): 19–30.
Putria, H., L. H. Maula, and D. A. Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (4): 861–72. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.
Rahayu, Wanti, and Ari Irawan. 2020. “Rancangan Aplikasi Pembelajaran Rumus Trigonometri Berbasis Android” 2682: 49–56.
Rix, Sally, and Stefan McElwee. 2016. “What Happens If Students Are Asked to Learn Geography Content , Specifically Population , through SOLE??” Other Education: The Journal of Educational Alternatives 5 (1): 30–54.
Rulviana, Vivi. 2018. “Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan 8 (2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361.
Sharma, Priya, and Sebastian Fiedler. 2004. “Introducing Technologies and Practices for Supporting Self- Organized Learning in a Hybrid Environment 2 Using Hybrid Learning to Supporting New Forms of Learning and Higher Education.” Learning 04: 543–50.
Sugiono. 2015. “Metode Penelitian Tindakan (Action Research).” Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015 vol 1 (2015): 1–120.
Winaldi, Winaldi, Yenita Roza, and Maimunah Maimunah. 2019. “Desain Sumber Belajar Matematika Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku-Siku.” Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2): 513–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.144.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.