Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Erta Faradina Universitas Negeri Malang
  • Sisworo Universitas Negeri Malang
  • Erry Hidayanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi quizizz yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MM 2 dengan jumlah 36 siswa. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif STAD  berbantuan quizizz yaitu: (1) penyajian kelas, (2) diskusi kelompok, (3) tes (kuis), (4) poin perkembangan individu dan kelompok, dan (5) pemberian penghargaan. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran kooperatif tipe STAD  berbantuan quizizz bisa meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan denganpeningkatan hasil belajar dari 61,11 pada siklus I menjadi 69,72 pada siklus II. Serta peningkatan ketuntasan belajar dari 30% pada siklus I menjadi 66% pada siklus II.

References

Amornchewin, R. (2018) ‘The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students’ Learning Engagement’, IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(2). doi: 10.20961/ijie.v2i2.24430.

Amornsinlaphachai, P. (2014) ‘Designing a Learning Model Using the STAD Technique with a Suggestion System to Decrease Learners’ Weakness’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.235.

Anggraini, W. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi’, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

BAL, S. (2018) ‘Using Quizizz . Com to Enhance Pre- Intermediate Students’, International Journal of Language Academy, 6(September), pp. 295–303.

Cadieux Bolden, D., Hurt, J. and Richardson, M. K. (2017) ‘Implementing Digital Tools to Support Student Questioning Abilities: A Collaborative Action Research Report.’, i.e.: inquiry in education, 9(1).

Chaiyo, Y. and Nokham, R. (2017) ‘The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system’, in 2nd Joint International Conference on Digital Arts, Media and Technology 2017: Digital Economy for Sustainable Growth, ICDAMT 2017. doi: 10.1109/ICDAMT.2017.7904957.

Eka, A. B. and Fajriah, N. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Moodle Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA’, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12, pp. 179–188. Available at: http://eprints.ulm.ac.id/8794/.

Ghaith, G. (2001) ‘Learners’ perceptions of their STAD cooperative experience’, System, 29(2). doi: 10.1016/S0346-251X(01)00016-1.

Hermawan, C. M. et al. (2020) ‘Stad type cooperative learning model: An action in learning mathematics’, International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4).

Hosnan (2014) ‘Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013’, Bogor: Ghalia Indonesia, (2014).

Ikhsanudin, I. (2014) ‘Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Wingeom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA’, AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 3(1). doi: 10.24127/ajpm.v3i1.380.

Mubin, F. (2017) ‘Tantangan Profesi Keguruan Pada Era Revolusi Industri 4.0’, Journal BMC Public Health, 5(1).

Mulyati, S. and Evendi, H. (2020) ‘Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara’, Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01).

Nasaruddin, N. (2018) ‘Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah’, Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). doi: 10.24256/jpmipa.v1i2.93.

Nugroho, S. and Shodikin, A. (2018) ‘Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( Stad ) Berbantuan Komik ( Learning Effectiveness of Student Teams Achievement’, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1).

Rhamayanti, Y. (2019) ‘Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Respon Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing’, Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1). doi: 10.32939/ejrpm.v2i1.244.

Slavin, R. E. (2014) ‘Cooperative Learning and Academic Achievement : Why Does Groupwork Work ? Four Major Theoretical Perspectives on Co- operative Learning and Achievement’, Anales de psicología, 30(3).

Tutik Rachmawati dan Daryanto (2015) Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik, Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Zhao, F. (2019) ‘Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom’, International Journal of Higher Education, 8(1). doi: 10.5430/ijhe.v8n1p37.

Zulhartati, S. (2011) ‘Teacher Centers’, Jurnal Universitas Tanjungpura, 26(2). doi: 10.1177/002248717402500222.

Downloads

Published

2022-07-01