Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berdasarkan Teori Pirie-Kieren
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i2.3889Abstract
The aim of the study was to describe the level of development students' conceptual understanding abilities based on the Pirie-Kieren theory using a qualitative approach and descriptive research. The results of the study show that students with low conceptual understanding abilities only meet 2 indicators of conceptual understanding ability, so these students are still at the Image having layer. Students with moderate conceptual understanding are able to fulfill 5 of the 7 indicators conceptual understanding ability, so these students are still in the observing layer. While students with high conceptual understanding abilities have fulfilled all indicators of conceptual understanding ability, only one student is still in the Sturcturing layer and one other student is already in the outermost layer (Inventising).
References
Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa smp negeri 4 sipirok kelas vii melalui pendekatan matematika realistik (pmr). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA , 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p
Aini, I. N., & Sugito, I. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii pada materi aljabar. Prosiding Sesiomadika: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 538–545. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. 1–8. https://www.researchgate.net/publication/333293321
Anggraini, L., Rinaldi, A., Syazali, M., & Pradana, K. C. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis: dampak model pembelajaran index card march, course review horay, dan curiosity. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 7(2), 170–181.
Annizar, A. M., & Zahro, F. S. (2020). Proses berpikir metafora dalam menyelesaikan masalah matematis soal hots berdasarkan kemampuan kognitif siswa. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 117–130. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.117-130
Astriani, L. (2017). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika , 3(1), 77–85.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Faseha, H., Evendi, E., & Nugraha, Y. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah perbandingan berdasarkan langkah polya. Journal of Math Tadris (JMt), 1(1), 40–54. https://doi.org/10.55099/jurmat.v1i1.7
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 7(1), 61–67.
Hamidah, D., Putri, R. I. I., & Somakim. (2017). Eksplorasi pemahaman siswa pada materi perbandingan senilai menggunakan konteks cerita di smp. JRPIPPM: Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–10.
Hariastuti, R. M. (2017). Permainan tebak-tebak buah manggis: sebuah inovasi pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. JMPM?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 2(1), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.776
Hidayah, S. (2023). Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pebandingan senilai dan berbalik nilai berdasarkan tahapan polya. Jurnal Riview Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 17–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12231
Laila, N., Khotimah, H., & Permatasari, B. I. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan berdasarkan prosedur newman pada siswa kelas vii smp negeri 14 balikpapan tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Kompetensi, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.30
Lanya, H. (2016). Pemahaman konsep perbandingan siswa smp berkemampuan matematika rendah. Sigma?: Kajian Ilmu Pendidikan Matematika , 2(1), 19–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v2i1.72
Larasati, Y., & Mampouw, H. L. (2018). Pemberian scaffolding untuk menyelesaikan soal cerita senilai dan berbalik nilai. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v4i1.85
Luqman, M., & Abbas, H. (2019). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa tadris fisika menggunakan four tier diagnostic test pada mata kuliah kalkulus ii. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 7–16. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1487
Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii mts pada materi perbandingan dan skala. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p113-122
Muchyidin, A., Nurlatif, L., & Nursuprianah, I. (2020). Miskonsepsi Siswa pada Pemahaman Konsep Bangun Ruang. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 72–86. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.72-86
Nurjannah, N. (2020). Proses berpikir kreatif siswa smp berdasarkan tahapan wallas dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient (aq). JTMT: Journal Tadris Matematika, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i1.391
Pirie, S., & Kieren, T. (1994). Growth in mathematical understanding: How can we characterise it and how can we represent it? Educational Studies in Mathematics, 26, 165–190.
Putri, Y. E., & Prihatnani, E. (2020). Perbandingan pbl dan dl terhadap pemahaman konseptual siswa kelas xi ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(1), 40–52.
Radiusman, R. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016b). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 1(2), 165–174. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
Ratnasari, A., & Latep, F. R. F. (2020). Analisis pemahaman siswa berdasarkan teori pirie-kieren dalam menyelesaikan bangun ruang. SEMNAS DIKTA V, 85.
Saifanah, N. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. JMPM?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i1.1808
Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama berdasarkan gaya kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1). 28-41.
Setiawan, Y. E. (2021). Relevansi model pembelajaran idea dalam menanamkan pemahaman konsep. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 6(2), 177–186. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.1952
Setiawan, Y. E., & Mustagin, M. (2020). Validitas model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk meningkatkan pemahaman konsep. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1432
Sidik, G. A., & Sudiana, R. (2023). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp kelas viii berdasarkan teori pirie-kieren. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 7(3), 2405–2419.
Sudijono, A. (2010). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: ALFABETA.
Suindayati, S., Nur Afifah, D. S., & Sukwatus Suja’i, I. (2019). Teori pirie-kieren: lapisan pemahaman siswa smp berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 211–228. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a4
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (spldv). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16.
Surya, L. I., Sumadji, S., & Suwanti, V. (2019). Penerapan model pembelajaran kartu arisan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada materi perbandingan. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 139–150. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.139-150
Suryani, E. (2019). Analisis pemahaman konsep two-tier test sebagai alternatif. semarang: CV. Pilar Nusantara.
Susanti, V. D. (2018). Analisis kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah berdasarkan kecerdasan logis-matematis. JMPM?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 3(1), 71–83. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998
Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas vii smp. JPPK?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa , 7(1), 1–10. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i1.23626.
Utami, T. L., Syamsuri, S., & Ihsanudin, I. (2021). Karakteristik kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis pada siswa smp berdasarkan teori pirie dan kieren. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 28–40. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8580
Wulan, E. R., Rofiqoh, I., Saidah, Z. N., & Puspitasari, D. (2021). Fun with spldv: multimedia lectora inspire menguatkan pemahaman konsep matematika siswa . JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 83–98. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.83-98
Yolanda, D. D. (2020). Pemahaman konsep matematika dengan metode discovery. Guepedia.
Zumaroh, L. S., & Haqiqi, A. K. (2022). Pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika pada materi tabung kelas ix. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.111-122
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.