Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis STEAM-PjBL pada Mata Kuliah Metode Numerik

Authors

  • Septi Dariyatul Aini unira
  • Chairul Fajar Tafrilyanto
  • Agus Subaidi
  • Laili Amalia

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i2.4295

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku ajar digital berbasis STEAM-PjBL pada mata kuliah metode numerik di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Madura. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model 3D yang diadaptasi dari model 4D, yaitu: tahap pendefinisan (define), perencanaan (design), dan pengembangan (development).  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, angket, tes, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas.  Adapun hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu buku ajar digital berbasis STEAM-PjBL terbukti dapat membantu dosen mengelola pembelajaran dan memenuhi ketuntasan belajar mahasiswa, serta membangkitkan minat belajar mahasiswa pada perkuliahan metode numerik.

Downloads

Published

2023-12-01