Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis STEAM-PjBL pada Mata Kuliah Metode Numerik
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i2.4295Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku ajar digital berbasis STEAM-PjBL pada mata kuliah metode numerik di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Madura. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model 3D yang diadaptasi dari model 4D, yaitu: tahap pendefinisan (define), perencanaan (design), dan pengembangan (development). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, angket, tes, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Adapun hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu buku ajar digital berbasis STEAM-PjBL terbukti dapat membantu dosen mengelola pembelajaran dan memenuhi ketuntasan belajar mahasiswa, serta membangkitkan minat belajar mahasiswa pada perkuliahan metode numerik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.