Karakteristik Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Kemampuan Kognitif Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Program Linier

Authors

  • Ayu Safitri Universitas PGRI Madiun
  • Restu Lusiana Universitas PGRI Madiun
  • Fatriya Adamura Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v9i1.4562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMA dengan kemampuan kognitif tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Intrumen pendukung dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian melalui tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulam. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan kognitif tinggi pada tiap aspek. Pada aspek interpretasi yaitu siswa membuat perumpamaan atau simbol. Pada aspek analisis, siswa menyajikan dalam bentuk poin-poin serta memberikan angka romawi atau arab di setiap poinnya. Pada aspek evaluasi, siswa menggunakan rumus alternatif substitusi dan eliminasi. Pada aspek inferensi, siswa menyajikan kesimpulan dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Pada aspek penjelasan, siswa melihat dan membaca kembali hasil akhir yang diperoleh. Pada aspek regulasi diri, siswa membaca dan melihat kembali jawaban yang diperoleh dengan teliti dan rasa percaya diri.

Downloads

Published

2024-06-01